Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Selasa, 11 Januari 2011

Jangan Mengeluh!!! Bersukacitalah senantiasa


Berpikiran positif itu sulit??
yaaa... tdk semua org akan memberikan pipi kiri nya ketika ditampar pipi kanan....
Tetap bisa tersenyum ketika dimarahi atasan???
Tidak segampang teori??? bnr kah???


Kalo mengeluh????? Itu sering banget dialami manusia... Yaa itu manusiawi krn itulah sifat manusia....
Ketika dihadapkan pada masalah,,,kita akan merasa down dan seakan dunia berhenti berputar dan semua org lari dari kita , bahkan seringkali kecewa pada Tuhan... Merasa smua ini tidak adil , knp orang lain bisa bahagia... Itu jg sering kurasakan yaitu "mengeluh"



Terkadang bahkan sering,, kita sering lupa kalo kita selalu melewati hari-hari kita dengan keluhan....
Mulai dari masalah yg kecil hingga masalah yg besar..


Saya selalu diingatkan seseorang, kalo keluhan yg sering saya lontarkan itu tdk akan membawa dampak positif bagi hidup saya. Kenapa tdk digantikan saja kata-kata negatif itu dgn kata-kata positif..
Kalo menurut saya sendiri,, apabila sudah kesal atau emosi seperti nya krg lengkap kalo tdk marah-marah atau mengeluh atas perbuatan orang laen yg membuat aku kesal (padahal uda tau ga bole kyk gitu).
Ketika kita mengeluh,, sebenarnya kita sedang membentuk diri kita menjadi spt apa yg kita eluhkan itu...
"Aku ini tidak berguna sama sekali" itu berarti kita mengharapkan diri kita menjadi orang yang tdk berguna..


Dulu saya berpikir kalo mengeluh itu ya wajar,,,nama nya jg manusia pasti ada mengeluh nya...
Tp sekarang saya mulai sadar kalo dampak dari mengeluh itu ternyata sangat besar.. Apabila saya mengeluh
tentang pekerjaan saya,, malah ujung-ujungnya pekerjaan itu tdk selesai dan saya akan dimarahin boss karna
saya dianggap tidak bisa konsentrasi dan lamban dalam bekerja...
Yahh ternyata ga ada untungnya jg mengeluh,,,,
Tapi kalo kita gantikan dg pemikiran positif seperti "Ya..saya kerjakan saja..Kan saya mau taat dengan pemimpin ... Toh bentar lagi jg selesai"
Mungkin saja hasil nya malah akan memuaskan dan boss juga ga akan marah-marah...



Matius 12 : 35-37 berkata :
"Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat
mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendarahaannya yang jahat.
Tetapi Aku berkata kepadamu : Setiap kata-kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."


Alkitab jg mengajarkan kita bahwa apa yg kita ucapkan itu tercatat di surga, jadi perkataan kita itu merupakan doa kita kepada Tuhan.. Kalo begitu,kenapa tdk kita gantikan saja kata-kata yg tidak berguna itu dg kata-kata yang berguna dan bisa berdampak positif pada diri kita sendiri...
Ketika kita mengucapkan kata-kata positif itu,, maka kita sedang memberi semangat pada diri kita sendiri dan tidak menghakimi diri kita sendiri...
Saya jg sedang belajar utk berdamai dgn diri saya sendiri.. Dan saya jg termasuk org yg sering mengeluh dan akan marah jika saya dinasehati atau ditegur oleh org lain.
Inilah sifat jelek dan egois yang dimiliki manusia , yaitu lebih suka dipuji dan diagung-agungkan daripada dikritik oleh orang laen. Padahal kritik itulah yang dapat membangun dan membentuk karakter kita menjadi
pribadi yang lebih baik lagi.


Pernah suatu kali saya mengeluh di Facebook ttg kehidupan saya...
Dimana saya menuliskan kata-kata yang sia-sia di status saya. Dan saya kaget ketika yang membalas comment itu ternyata boss saya...
Dan saya merasa malu dan menyesal kenapa saya harus update hal spt itu dan dilihat oleh pimpinan saya
sendiri... Jadi secara tdk langsung,,saya sedang menuliskan pribadi saya sendiri yg lebih suka mengeluh daripada berusaha utk memperbaiki kehidupan saya.
Dan itu dilihat oleh org lain,,, dan pasti org lain itu akan mempunyai penilaian khusus ttg kita... Karna apa yang
kita lakukan itu smua dinilai oleh orang laen,baik dari perbuatan maupun perkataan...
Kemudian,,saya berusaha sebisa mungkin utk menjauhkan kata-kata yg tdk berguna dan memasukkan kata-kata positif yang bisa membangun iman org laen..
Bukankah itu lebih baik??
Malah saya merasa malu ketika saya mengeluh dan tmn-tmn akan mendukung saya... Bukankah itu malah brarti saya mengajari org utk mengeluh jg?? :(


Mari kita ubah keluhan itu dgn kata-kata positif,,, Sekalipun semua terasa sulit dan sepertinya masalah terus
menerus datang,, tetaplah percaya kalo badai pasti berlalu dan semua akan indah pada waktunya...
Burung di udara saja dipelihara oleh Tuhan,,apalagi manusia yang begitu dikasihi-Nya...
Bersukacitalahh dlm segala hal....  Tuhan sendiri yang berpesan kepada kita utk selalu besukacita meskipun dlm kesesakan ... Sulittt ya... tp itulah yg harus dilakukann.... Tiada yg mustahil kalo kita sudah pny keyakinann kalo kita bisa melakukan nya... Dan tentunya kita akan mendapatkan hal yg terbaik dgn tidak mengeluh dalam mengerjakan sesuatu,,, Sesuatu yg dikerjakan dgn penuh sukacita akan menyenangkan hati Tuhan dan memuliakan nama Tuhan..
Hidup SUKACITA!!!! hehehe




Roma 12:12
" Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa"


Filipi 4:4
"Bersukacitalah senantiasa dalama Tuhan! Sekali lagi kukatakan : Bersukacitalah!"


Nehemia 8:11b
"Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena Tuhan itulah perlindunganmu!"


Mazmur 28:7
"Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku ; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria
hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya."


Mazmur 16:11
"Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan ; di hadapan-MU ada sukacita melimpah-limpah, di
tangan kanan-MU ada nikmat senantiasa."


1 Tesalonika 5:16
"BERSUKACITALAH SENANTIASA"






2 komentar:

  1. ak jg selalu merasa kwatir setelah baca renungan ini kt memank harus berpikir positif nda bolae negatif melulu karna memang bikin sakit hati sdr.ak jg perna curahkan kekesalan ku ke FB ternyata dr situ ak belajar org yg melihat malah mencemooh bkn memberi masukan.dr situ ak mulai mengupdate firman Tuhan bkn lg curahan hatiku ^^.renungan na seep and mantap bgt^^gbu

    BalasHapus
  2. anonim : yapp betul banget,, kdg2 FB tuh bisa jd berkat buat org laen, tp juga bisa jadi batu sandungan buat org laen...
    kdg2 org laen ga ngerti & jadikan fb buat mengeluh dan mengeluh. Mgkn org laen yg baca pun jadi down jg ya...
    Cia yo... Tetap setia di dlm Tuhan, maka kita akan melihat berkat yg luar biasa tercurah ke kehidupan kita...:)
    God bless

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini