Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Senin, 03 Oktober 2011

Kunjungan ke LAPAS

KAMI BUKAN PENJAHAT
KAMI HANYA TERSESAT
TIDAK ADA KATA TER LAMBAT
UNTUK KAMI BERTOBAT

*Copas kata kata dari seorang NAPI di Lapas*
Hari Sabtu kemarin, gw ikut teman gw pelayanan ke penjara di Lapas Barelang... Emank tiap bulan ada diadakan kegiatan seperti seminar dan pengobatan gratis dari yayasan ini.. Biasa kegiatan nya dilakukan stiap hari sabtu, dan baru mulai sekitar 2 bulan yang lalu..Kalo gw ga ada kegiatan, gw ikut teman gw ini melayani di rumah rumah warga yg ga mampu, ngajarin baca tulis..Tapi kadang kadang diselingi dengan kegiatan seperti bakti sosial dan juga kunjungan ke penjara..
Sabtu kemarin gw bisa ikut teman gw ini untuk berkunjung ke penjara ,.. It was my first time, dan gw sangat excited buangetttt.. coz gw lum pernah kesana, biasa kan Cuma liat di TV doank huahahha konyol banget alasan gw.
Yah singkat cerita, sabtu pagi jam 9 kita tiba dsana dan begitu akan msk ke dalam kita ga boleh bawa HP, camera, tas dan peralatan laen2 nya.. jadi kita masuk tanpa bawa apa apa...
Sampe di dalem, ternyata tempat untuk kegiatan pengobatan gratis itu sangat kecil.. benar2 ruangan yang ga besar dan karena itu gw dan tmn2 gw jadi ga ikutan bantu deh soal nya uda cukup orang jg,, klo kita masuk lg ke dalem bisa2 dokter nya kehabisan napas...=)
Akhirnya kita berempat (cewe) duduk diluar dtemani 1 cowo juga dari anggota kami.. Berasa dimana gitu karena kita tuh diliatin mulu olen NAPI disana... Dalam hati berkata “jangan donk dekat2 gw, kan gw takuttttt” ehhh uda ngomong gt di dlm hati, malah ada yg samperin ngajak ngomong pula... Setelah dipikir pikir kenapa gw mesti takut, bukan nya mereka jg sama dengan gw, sama sama makan nasi, sama sama punya rambut,hidung,telinga,mulutt...
Dan pada saat itu, secara ga langsung gw membuat diri gw sendiri membuat batasan tersendiri dengan mereka, kenapa? Gw merasa gw adalah org yang bebas dan mereka adalah orang yang terpenjara karena kesalahan yang mereka lakukan,, Rasa takut yang muncul di otak gw itu karena gw merasa mereka itu adalah orang yang menyakiti orang laen ataupun melakukan sesuatu yang salah hingga mereka harus membayarnya dengan hukuman...
Ohhh tidakkk... kenapa bisa muncul pikiran seperti itu? Bukannya pas mau berangkat, gw uda tau kalo disana tuh gw bukan mau jalan jalan tapi utk melayani disana...
Dan ada rasa bersalah yang muncul d hati gw pada saat itu, tapii itu untungnya itu tidak berlangsung lama karena ternyata ketika gw ngobrol dengan mereka, suasana langsung mencair menjadi situasi yang biasa dan kita bisa ngobrol layaknya teman yang baru berkenalan...
Dipenjara ada ruang ibadah utk NAPI sesuai dengan agamanya masing masing..Untuk yang beragama Kristen, biasanya ada ibadah setiap minggunya dari gereja secara bergiliran.. Dan kemarin pas kita lagi kesana tuh, pas lagi ada acara ibadah dari salah satu gereja dan ketika kita masuk ke dalam ternyata mereka lagi nonton film Mr Bean,.. Pd saat kita masuk ke dalam pun, kita disambut dengan hangat malahan ada 1 Ibu yang lagi ibadah langsung buru buru ngasih kursi buat kami..eh malahan ikut nonton Mr Bean bareng Napi... Dan itu moment yang ga terlupakan karena gw merasa mereka benar benar butuh penghiburan juga dan dengan nonton bareng mereka merasakan ada nya kebersamaan dan mereka merasa ada teman teman yang berada di sekitar mereka...

Hati gw pada saat itu merasa pilu, ketika mendengar salah satu dari mereka menceritakan bagaimana hari hari yang mereka lalui mulai dari awal mereka masuk kedalam penjara hingga pada saat ini... Apalagii mereka yang jarang dikunjungi oleh keluarga ,merasa kesepian dan juga kehilangan pengharapan.. Bagaimana mereka meyesal dengan apa yang sudah mereka lakukan, tapi penyesalan selalu datang terlambatL Dan ketika dia menceritakan hal itu kepada kami, gw bisa melihat tatapan mata mereka yang benar benar butuh Penolong dalam hidup mereka...
Mereka butuh orang yang bisa mendengarkan cerita mereka, mungkin orang laen berpikir bahwa “yahh itu kan resiko yang harus dia tanggung lha karena perbuatan dia sendiri, entah itu merampok, ngobat,membunuh,aborsi, dan kejahatan laennya”. Tapi Tuhan benar benar sayang pada mereka, Tuhan ga memilih milih orang yang akan Dia tolong, justru Tuhan mencari orang orang benar benar sudah tidak punya pengharapan lagi dan benar benar butuh pertolongan Tuhan.
Justru karena Tuhan sayang pada mereka, maka Tuhan mengirimkan orang orang yang tergerak hatinya untuk melayani mereka.. 
Jujur aja, gw juga sebenarnya takut ama mereka, gw merasa was was karena di pikiran gw yah ntar tiba tiba gw disekap dan dijadikan sandera spt yang di TV itu lohhh *korban sinetron* =) Yah intinya gw benar benar was was dalam setiap gerak gerik gw disana, apalagi melihat mereka semua lepas dan jalan kesana kemari... Tapi seorang dari mereka bilang ke kami “kami bukan penjahat, kami Cuma tersesat.”wuihhhhhhhhh meleleh hati ini rasanya, sampe gw merasa bersalah banget uda nunjukin muka takut gw.
Dan satu hal yang gw tangkap adalah :”Tuhan juga menyayangi mereka bahkan sangat mengasihi mereka. Yahhh itu benar sekali!!!”
Pesan Tuhan buat gw sendiri adalah kasih Tuhan itu melebihi apapun. Terkadang kita terlalu larut dengan kehidupan kita sendiri dan  tersesat dengan masalah masalah yang ada..Kita ini kadang kadang adalah domba yang tersesat dan kita membutuhkan Tuhan sebagai gembala kita untuk menuntun kita kembali kepada jalan yan benar.. Setiap orang pasti pernah mengalami hal seperti itu, ketika kita seperti kehilangan arah dan melakukan hal yang ceroboh hingga medukakan hati Tuhan dengan perbuatan kita. Tapi Tuhan adalah Tuhan yang murah hati dan tidak pernah hitung hitungan dengan kita, berapa kali pun kita berbuat salah pasti Ia akan selalu membuka tanganNya untuk menyambut kita.. Ia akan membawa kita kembali pada jalan yang benar dan tidak membiarkan kita terus tersesat..  Ketika kita mengalami goncangan dan tekanan, kita selalu menyalahkan Tuhan dan berkata bahwa ini semua tidak adil. Pernahkan kita sadar bahwa goncangan yang boleh dibiarkan terjadi itu adalah untuk mengajar kita dan membuat kita kembali pada jalan yang benar. Apakah kita akan sadar dengan semua kesalahan kita apabila kita tidak disentil dengan teguran???
Orang laen boleh menghakimi  kita karena masa lalu kita yang tidak baik, tapi Tuhan sama sekali tidak melihat itu semua..
Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya!

Yahh pengalaman yang baru ke Lapas dengan menghabiskan beberapa jam untuk berbagi kebersamaan dengan mereka dan juga sempat nonton dan ngobrol bareng.. ^^ Thx God , gw merasa sangat bersukacita karena Engkau terus memberikan ku pengertian dan hikmat dari hari ke hari...
Semoga masih ada kesempatan lagi untuk berkunjung kesana ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini