Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Senin, 21 Februari 2011

Lahir Baru

lagi pengen bahas ttg lahir baruu.. apa itu lahir baru? trus kenapa orang bisa lahir baru???
Apakah lahir baru itu berarti semua hal di masa lalu uda selesai?


ada 1 cerita tentang seorang gadis yang gw tulis aja nama nya "Lisa" . Cewe ini org nya oke dan lumayan cantik juga (i think... what do u think?" hueheheh) Dia pny masa lalu yg bisa dicap jelek oleh org2 yang kenal ama dia. Kenapa? karna dlm lingkungan kerja nya , ia dikenal sebagai sesosok org yang suka menjelek-jelekkan tmn nya di belakang dan suka ngiri ama tmn yg lebi cantik. Ya sifat seorang anak ABG ya rata-rata seperti itu ya, karena nama nya juga lagi masa masa puberitas, pasti donk mau dandan en dianggap sbg Princess yg menantikan Prince hihiii.. ya spt itu lah kira-kira.. Dan perlakuan yg dianggap sangat keterlaluan adalahhh "menipu" , menipu ini saya tanda kutip karena yg ditipu itu sang kekasih / pacar. Seringkali anak-anak muda skrg berpacaran utk apa? ada yg karena pacar nya cakep/cantik, pinter, keren, tajir atau karna perhatian,baik, dan alasan lain-lain. Tapiii 1 hal yg paling jangan dianggap wajar oleh anak-anak muda adalah kita berpacaran hanya dengan azas manfaat atau hanya menyukai pacar karena 1 kelebihan nya yaitu duittt atau jadi cewe matre...
Trusss si Lisa ini memakai sang pacar hanya utk azas manfaat dan yg diambil dari cowo nya adalah suatu yg besar dan ga gampang buat dibeli ole si cewek...dan tentu aja sang cowok merasa sakit hati karena si Lisa memutuskan hubungan secara sepihak karena alasan ketidak cocokan..Jadilah "barang" itu menjadi milik si Lisa donk karena pas dikasih kan ga pake hitam diatas putih... (jadi pelajaran kalo cowo ngasi brg mesti pake surat diatas materai :D) Nahh apa yg bisa cowo ini lakukan? yg psti dia merasa dimanfaatkan oleh cewe itu, dia merasa kalo semua hal yg uda dilakukan oleh cewe itu hanya utk nipu dia. Pas putus, mereka masi sempat diskusi soal "barang" itu tapi tetap saja hasil nya "LAh,, u kan ud ngasi,, Masa mau ditarik kembali?"
Sang cowok yg merasa bahwa ia cuma bilang PINJAMIN LU bukan NGASIH LU.. tetap ga bisa terima dan ngelakuin sgala cara ttp aja hasil nyaaa NIHIL... Ke kantor polisi jg ga ada bukti tertulis toh....
Jadilah mereka musuh daannn smua tmn2 si cowo ikut benci ama cewe ini . Ia dianggap sbg seorang "penipu" dan "TEGA" ngelakukan tindakan seperti itu hanya utk memenuhi keinginannya semata.


6 bulan berlalu....
datang sms pada sang cowok dari Lisa... Ia meminta maaf atas semua perlakuan yg uda dia lakukan selama ini... Apa yg uda terjadi itu dia ingin hapus dan lupakan.,, WHY? cowo itu bertanya...
Cewe itu blg "Gw uda lahir baru , so gw pengen hapus semua kepahitan di masa lalu." Dgn kata laen, semua hal-hal yg tidak mengenakkan itu sudah mau dia lupakan dan tdk ada lagi masalah materi.
Ia meminta maaf ke tmn-tmn yg sudah pny kepahitan jg ama dia, yg pernah disakiti dgn kata-kata. tapi tmn si cewe cuma blg "Janganlah jadikan kekristenan itu sebagai topeng utk menutupi masa lalu."


Teman si cewe bilang seperti ituuu dan hal yg jadi sesuatu yg menggelitik di pikiran gw saat itu,, apa benar ada org yg memakai agama hanya utk menutupi kesalahan nya atau masa lalu nya..
Dengan alasan lahir baru dan ingin melupakan masa lalu dan meminta maaf atas perlakuan jahat nya selama ini. Well, kita sebagai manusia tidak bisa judge seseorang dari masa lalu, karena kita tahu Tuhan selalu mengajarkan kita utk memaafkan org lain dgn tidak melihat masa lalu org tersebut.
Cuma,, tmn si Lisa merasakan cuma dgn perkataan maaf saja tidak cukup dgn apa yg uda dia lakukan terutama apa yg uda dia lakukan ke mantan cowok nya..
Alasan lahir baru ini buat mereka berpikiran negatif yaitu Hanya utk menutup masa lalu sajaa...


Tapii 1 hal yg bnr-bnr gw harapkan adalah si cewe bukan org yg seperti itu.. Karena janji dan komitmen kita di hadapan Tuhan adalah janji yg tidak bisa dimain-mainkan. Tuhan tau dan dapat menyelidiki hati kita lebih daripada siapapun. Jika kita dahulu sudah sering menyakiti org laen dgn perkataan , membenci tmn kita dan melakukan sesuatu yg menyakiti org lain, maka apabila kita sudah menerima Kristus dlm hidup kita maka kita harus berani bayar harga utk semua itu. Ketika org laen melihat kita berubah ke arah yg benar, pasti tidak semua org akan senang dan mendukung kita....APa yg mesti dilakukan jika org laen masih terus berpikiran begitu : 


1. Ingatlah komitmen kita ketika Yesus lahir dalam hati kita.. 
Komitmen sebagai seorang Kristen bukan hanya janji dan ucapan saja, tetapi kita membiarkan Kristus lahir dalam hati kita dan org laen akan melihat kasih Kristus dlm diri kita.
Gampang gak?? Ohh tentu tidak... Org org cenderung tdk percaya kalo kita blg "Gw uda ga mau minum-minum lagi, skrg gw uda lahir baru." Teman yg ga percaya bakalan jawab "Halaahh munafik banget lu!! Minum aja lhaa, toh juga ga da tmn gereja yg liat kok."
Orang yg ttp pada pendirian & komitmen ga akan peduli mau org laen ngomong apa kek, tp bisa berpikir bahwa "GW gak munafik karena gw ga akan melupakan komitmen gw pada Tuhan."
Klo kita tetap pada pendirian kita, malah org itu sendiri yg akan malu dan mundurrrr...
Sama seperti apa yg gw alami, ketika gw berkomitmen pelayanan di sekolah minggu.. Itu bukan hal yg gampang karena gw harus bisa ngatur waktu gw baik-baik dengan jadwal di Food Court buat bantu mama.. 
Senin harus menara doa, Selasa ada doa pekerja (1 bln 1x), Kamis ada FA (Family Altar) dan Jumat terkadang ada pertemuan guru sekolah minggu.
Gimana bisa ngatur itu semua? Padahal seperti nya sulitt banget apalagi plg kerja jam 6 nyampe rmh trus mesti anter mama ke FC , mesti buru2 mandi dan ke gereja yg jarak nya dari rmh sekitar 20 menit.


Ampe ada tmn gw yg blg ke gw "Len, lu kerja di gereja aja dech., mau diajak keluar aja susa banget sech" =.=  sempet heran kok bs dblg gt ya?? haiyaaa heloo saya pekerja gereje lohh :D
Itu lah kenapa dikatakan kita harus BAYAR HARGA dgn komitmen kita sendiri..
Pada saat kita berjalan bersama Kristus, maka segala sesuatu akan dibukakan secara otomatis apabila kita tetap pada komitmen kita.. 
Jadi pas seseorang mau berubah ke arah yg lebi bae , pastii iblis akan mengintimidasi kita dan menjatuhkan kita dg masa lalu kita. Tp tetaplah pegang komitmen kita dari awal, jangan sampai kita kehilangan komitmen dan kasih mula-mula pada Tuhan.


2. Tunjukkan perubahan sikap kita

Orang laen akan melihat apa perubahan sikap kita kalo kita ngaku nya uda lahir baru.
MAna bukti nya? Lu aja masi suka marah-marah, masih suka dugem,,bla blaa blaaa... Org laen pasti akan memperhatikan sikap kita ampe ke detail-detail nya. sampai kadang hal-hal simple bisa dibuat jd persoalan.. 
"Kata nya ud kristen tp masi aja suka nangis?" HAiyooo apa hub nya ya? Tp itu lahh .. sedikit hal simple itu bisa dijadikan senjata oleh org laen buat jatuhkan kita, padahal nama nya manusia mau agama apa aja pasti bisa down dan nangis,. Jangan mau down jika kita sempat berbuat salah, tp tunjukkan penyesalan kita dgn meminta maaf pada org yg ud disakiti.. Mau org itu buang muka, mau dia menghina kita, gampar kitaa, tapi jangan kita membalas lagi dgn kata-kata tidak berhikmat... Tunjukkan apa yg sudah kita komitmenkan dgn Bayar Harga meskipun itu membuat gengsi kita turun dan dipermalukan, karena Tuhan ingin kita menjadi org yg rendah hati dan mau dipermalukan agar nama Tuhan dipermuliakan.. Huh? sulitt banget ya tp alangkah senang nya Tuhan jika kita bs jadi seperti itu (how i wish i am one of this person)
 "Allah menentang orang yang congkak , tetapi mengasihani orang yang rendah hati"


Yakobus 1 :22-23
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja ; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri
Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.


3.Berdoa dan minta hikmat pada Tuhan
Satu satunya hal yg bisa kita lakukan ketika semua orang seakan-akan menekan kita dgn masa lalu kita adalah berdoa dan minta hikmat dari Tuhan. Kita ga akan bisa jalan sendiri dan ga bisa ngerti kalo kita tidak berhikmat... ketika ada 2 pilihan yg membuat kita bingung mau milih yg mana, maka andalkan lah Tuhan utk membantu kita memecahkan persoalan kita.
Kita selalu dikejar mimpi buruk dg judge dari org laen yg slalu blg kita tdk akan berubah dan omongan-omongan negatif itu bisa buat kita makin terpuruk atau malah bisa membuat kita jadi bangkit.
Bisa ga jadikan omongan negatif itu sbg pendorong & motivasi kita buat bangkit? Kalo kita bs memakai hikmat dari setiap kejadian, maka org yg menertawakan kita akan malu sendiri karena ucapan-ucapan negatif dia itu ga buat kita down malah buat kita jadi mengoreksi diri kita sendiri.


Dulu waktu gw kecil pas masi SMP, gw kenal dg 1 teman yg baru aja masuk Kristen dan baru dibaptis. tp setiap perkataan yg dia ucapkan itu buat gw kesal dan gw merasa dia itu bkn manusia. haiiizzz jaat nya pkiran gw. Soal nya gw inget banget pas itu dia manggil gw dg tujuan biar gw kenal Kristen, tapi dia blg ke gw gini " Lu mau ga pindah agama? gw ga mau ntr pas gw lg di surga trus tmn bae gw malah di neraka!" dhueeeeerrrrrrrrrrrrr bagai dsambar petir di siang bolong, gw langsung blg pas itu "loh sapa elooo kok bs tau gw msk neraka?" hahahhaa gw inget bgt hal itu karna gw jd ga sk banget dg dia, kok bisa maksa maksa begitu... Padahal yg slh kan bkn agama nya, tapi penyampaian dari tmn gw itu. Dia ga minta hikmat Tuhan dulu pas mau nyampaikan sesuatu ke tmn nya...maka org laen bs slh paham dg apa yg mau dia sampaikan karena bahasa nya jg ga dicerna dengan hikmat dulu.


Yakobus 1 : 5
Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak menbangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.


Balik lagi ke alasan lahir baru seseorang itu, gmn pun dan apapun yg uda org itu lakukan di masa lalu tetap saja gw atau sapa aja ga pny hak blg dia jadikan agama sbg topeng masa lalu.
Gw ga mau judge org itu karna gw cm berdoa aja dia bisa terapkan3 hal itu jika ia merasa benar dan yakin akan jalan barunya itu. 
Karena 1 hal yg mesti diketahui bahwa tidak gampang ketika kita blg kita menerima Kristus di hati kita, ketika kita blg kita siap lahir baru maka akan banyak hal-hal baru yg blm kita alami akan terjadi dlm hidup kita. Penghakiman dr org laen, masalah-masalah yg lbi besar akan kita alami., kita mesti dipermalukan atau dihina. Tapiii ingatlah itu bkn karena hukuman atas dosa lampau kita, karena ketika kita lahir baru semua dosa kita sudah dihapus. Hal itu karena Tuhan sedang membakar kita dan membentuk kita hingga kita seperti emas murni yg siap dipakai oleh Tuhan. Jika kita tetap berpegang pada iman kita akan Kristus, maka org yg dulu nya mencemooh kita akan mengakui bahwa ada kasih Kristus dlm diri kita.
Yesus juga harus dihina dan dihukum meskipun Ia tidak besalah, tapi karena besarnya rasa cinta Nya kepada umat manusia maka Ia rela menanggung dosa kita di kayu salib.
Apakah kita tidak bisa membalas kasih dan pengorbanan Yesus ? Bisakah kita menjadi anak-anak Kristus yang menjadi terang bagi sesama kita?
Ohhh gw berharap sekali bisa jadi salah satu anak kesayangan Tuhan yg bisa menyenangkan hati Nya, tapi gw jg masi perlu banyak belajar dan menepati komitmen aku di dpn Tuhan. Oleh sebab itu, gw butuh tangan Tuhan utk selalu menggandengku ketika gw jatuh, yang menopangku ketika gw goyah.
Im nothing without Jesus,
 with Jesus I am everything


1 Korintus 2 : 9
Tetapi seperti ada tertulis : "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia : semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."


Koreksilah hati kita terlebih dahulu ketika kita berkomitmen utk lahir baru, karena kalo hanya sekedar perkataan saja itu adalah hal yang sia-sia. Seperti dikatakan Alktab bahwa iman tanpa perbuatan adalah sia-sia. Jangan lah menjadi manusia yg suka mengumbar janji tanpa melakukannya karena Tuhan sangat menjauhi orang yang hanya suka berkata-kata tanpa melakukan.
Sudahkah kita menjadi org yg berkomitmen dan bertanggung jawab pada Tuhan?
Jawaban nya hanya kita sendiri yg tau, karena jika dgn tulisan saja semua org juga pasti bisa melakukan nya. Tapi Tuhan tdk melihat apa yg kita tulis dan apa yg kita ucapkan , tapi Tuhan melihat perbuatan kita. Meskipun org laen menilai kita org yang sok suci ataupun munafik , tapi klo kita membuat Tuhan senang dgn perbuatan kita maka itu adalah suatu pencapaian tertinggi yg kita lakukan.
So,, dont judge the book by cover. Tidak ada 1 org pun yg bisa menilai hati seseorang, karena hanya Tuhan yg bisa menyelidiki apa yg kita pikirkan dan apa yg kita rasakan....
Tugas kita adalah membalas pengorbanan Yesus karena kita sudah ditebus dengan darah yang mahal yaitu darah Kristus. Maukah kita menyia-nyiakan hidup kita hanya utk mendengarkan kritikan yg tidak membangun? Hanya mau hidup dari bayang-bayang masa lalu?
Masa lalu memang tidak bisa kita buang dan lupakan, tapi bayarlah dosa masa lalu dgn pengorbanan yg tulus dan jadikan masa lalu sebagai motivas kita utk berubah.
Jika ada org yg disakiti dg kata-kata kita di masa lampau, maka ubahlah perkataan kita mulai dari sekarang.
Jika ada org yg merasa dirugikan secara materi di masa lampau, maka tebuslah apa yg sudah kita ambil dan berani meminta maaf meskipun kita akan dipermalukan. Itu berarti kita berani bayar harga atas perbuatan salah yg sudah kita lakukan. Jika org itu tetap tidak mau memaafkan, jgn lah kecewa dan percayalah bahwa Tuhan adalah hakim yang adil dan bijaksana. Tuhan melihat hati kita yg baru dan Ia akan tersenyum dan berkata "Kamu adalah anak-Ku yang Kukasihi."


Jikalau seorang berkata : "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini