Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Rabu, 29 Juni 2011

Tegurlah Aku !!

Belajar utk jd org yg mau ditegur tuh ga gampang yahh..
klo di kantor, karyawan punya istilah spt inii :
pasal 1 -> boss slalu benerrr
pasal 2 -> kalo boss salah, coba liat kembali pasal 1..
pasal 3 -> karyawan selalu salah
pasal 4 -> kalo karyawan benar, coba liat kembali pasal 3..
rite?? hihi gw nih sbagai seorang karyawan jg sering bgt tuh ngeluh klo ud dmarahin ama boss, ga mau nerima alasan np gw kena marah, pokok nya yg di pikiran gw "boss itu ga pernah salah." yahh mgkn ada kalanya boss kita emank salah,tp tetap aja kdg2 nih muncul kata2 penghakiman yg ujung2 nya buat kita makin kesel klo mikirin kejadian pas kita lg dimarahin, mulai curhad ke org dan kita brusaha yakinin org laen klo boss kita itu salah.. huaaaaaa itu gosip ga sech namanya? *piak piakkk*
nah stelah gw pkir2 lagi ya, ada lagi istilah utk karyawan
pasal 1 -> karyawan ga suka ditegur oleh boss
pasal 2 -> kalo karyawan ditegur oleh boss, tolong dibaca yah pasal 1 nya...
karyawan jaman skrg ini ga mau lg dtegur , kan uda jaman reformasi *lohh*
gw jg sama nih, gw kadang2 scr ga langsung sering banget cerita ke tmn soal kjadian yg gw alami di kantor tp ujung2nya gw malah mencoba menghakimi org laen , padahal niatnya tuh cm mau sharing aja, tp gw ga nyadar klo gw tuh uda mulai jatuh ke dalam dosa dgn menghakimi org laen.
dan hal yg paling sering buat gw jatuh scara ga sadar itu contohnyaaa :
Klo ditegur tmn, langsung sensi..
Klo ditegur mama, langsung blg mama pilih kasih..
Klo ditegur boss, langsung ga mood makan.
Klo ditegur cowo gw, langsung ga mau nelpon ama dia...
nahh klo uda ditegur ama Tuhan, langsung bilang "Gak adillll."
Di daerah batam baru -baru ini ada berita yg bener2 ngejutin gw dan smua warga, dimana ada majikan yg dibunuh oleh pembantu nya gara2 dia  dimarahi oleh majikan nya.. speechless dah, ga habis pikir apa yg ada di pikiran dia pas ngebunuh majikan nya...padahal cuma karena teguran, dia harus menghabisi nyawa org laen...
Sapa sech yg suka ditegur? Walaupun terkadang teguran itu adalah hal positif yg membangun tp kesimpulannya adalah manusia gak suka ditegur.. Gw jg ga suka ditegur, klo gw ud ditegur oleh sapa pun, gw pasti mencari alasan dan ngelemparin ke org laen... Klo uda ditegur Tuhan, langsung down dan hancur berkeping keping...Itulah yg paling sering gw alamin ...
Gw punya kelemahan yg bener2  sulit diubah  yaitu gw paling suka MINDER, gw minder karna gw merasa pengalaman rohani gw jauh di bawah org laen, gw merasa gw ini masi anak baru yg blm tau apa-apa  hingga gw minder klo mau sharing sesuatu ke org yg uda lebi senior di bidang rohani...
Gw pernah dapetin 1 teguran Yg buat gw trauma utk mau sharing.,Critanya tuh gw lg ngumpul2 di rmh tmn utk sharing, intinya gw sharing dg tujuan utk membangun iman org laen, tiba tiba tmn gw blg “lenn lu jgn nakutin org laen donk karna apa yg kamu sampaikan itu uda salah .” *duenggggg* bagian mana nihhh??? Gw langsung blg  “ehhhh maksud gw tidak spt itu”, tp yahhh gw tetap dianggap slh menyampaikan dan gw pun ga mau berdebat jg lha, gw rasa ya itu bisa jadi teguran sendiri buat gw biar laen x gw bisa lebih milih topik sharing yg lebih tepat...
Utk topik yg gw sharing kan itu, gw punya maksud bae yg ingin gw sampaikan tp ternyata ada yg salah nangkep atau gw yg ga pandai sharing.. hoalaahhh gw bnr2 down euy, gw minder krn tmn gw ngeralat apa yg gw sampaikan hingga gw totally ngerasa gw benar2 salah L
Ya itu Cuma masalah sepele aja, tp Gw terus menerus  nanya Tuhan “bagian mana yg slh dari penyampaian gw?” kok Tuhan ga nolong gw tadi ? kok gw ngerasa jd tertuduh ya?? *gw doanya mpe nangis parahhh* Jauuuuh di lubuk hati gw, gw ngerasa gw ga slh donk dg sharing gw, tp kok ada yg jatuhin gw ?? Pokok nya gw tuh dasar kepala batu yahh, masi aja ga bisa nerima klo gw disalahkan...
 Pas gw diam, gw mendengar tuntunan Tuhan dan gw dsuru buka Matius 25... Pas gw buka, gw kaget dg ayat nya karna itu lha jawaban Tuhan utk pertanyaan gw...
Matius 25:1-4.
"Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana.
Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka.

Cuma hal sepele loh len, tp kamu uda down begitu,” *iyaa sechh* Mending gw coba terima teguran dari tmn daripada gw terus memperdebatkan sharing sapa yg benar dan sharing sapa yg slh, gw ud terlalu menyiakan waktu yg ada... Tuhan blg ke gw “jadilah gadis bijaksana yg selalu membawa pelita dan juga minyak dalam buli buli” 
Yess.. dan itu berarti  gw jg harus belajar nerima sharing org laen, mungkin  dikit teguran ttg sharing gw itu ada guna nya jg, dan gw blajar utk dirubah Tuhan lewat teguran teguran, baek itu dari org dekat, org sekitar bahkan dari Tuhan. Nahh gw mau blajar utk menjadikan teguran dari  org laen utk hal yg positif, meskipun kadang kita merasa ga salah tp tetap ditegur jg..wah berat skali rasanya klo kita uda benar jalannya, tp ada yg negur kita, pasti rasanya sebelll dech... Tapiii Tuhan bilang agar kita slalu berjaga jaga dan menjaga hati kita supaya teguran itu bisa membangkitkan iman kita bukan nya menjatuhkan iman kita.
“Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

Suatu hari pas lg ikut kegiatan bakti sosial,gw sharing ke tmn gw ttg gmn proses menjadi seorang Kristen dan gw bilang ke dia “duhhh ga sulitt ya klo kita mau jalan ke arah yg bnerr, banyak pisan godaan nya...” Sekedar info, tmn yg dulunya adalah seorang yg sesat dan ga kenal Tuhan,hmmm bs dibilang dia tuh bener2  gak percaya Tuhan dan hidup dlm perbuatan yg jahat, tp begitu dia msk penjara, Tuhan datang mencari dia dan menjamah hatinya, dlm waktu yg ga lama hidupnya benar benar diubahkan oleh Tuhan menjadi seseorang yg cinta Tuhan..Ketika dia lg sharing ttg perjalanan hidupnya sebelum dan sesudah menerima Yesus, dia bilang gini ke gw "Len, klo lu mau tau ya, mau jadi org Kristen ga gampang,, banyak banget yg harus kamu lalui, ada konsekuensi yg harus kamu byr.Makin kamu mau berubah ke arah yg baik, makin banyak godaannya" Tmn gw cerita gmn dia dipulihkan Tuhan seperti seorang Saulus yg diubahkan oleh Tuhan, dan dia dijamah Tuhan ketika di penjara.. Luar biasanya,meskipun di penjara tp tmn gw ini bisa melayani Tuhan, dia buat ibadah di dlm penjara dan banyaakk org yg bertobat dan mau terima Tuhan.. woww Praise The Lord.. Tp bukan berarti karna dia uda melayani Tuhan dgn sungguh2, maka ga ada halangannya. Dia cerita ke gw kalo dia tuh sempat dimasukin ke dlm sel yg sangat kecil krn ada yg ga senang dg dia, yg buat tidur aja pun ga bisa lurusin kaki, harus makan dan minum disana, buang air jg di tmpat yg sama..Tapiii dia gunakan waktu slama di dlm sel yg sempit,gelap,bau,kotor itu, dia pake buat mendekatkan diri ke Tuhan,nyembah Tuhan,dengerin suara Tuhan .. wowww gw salutt,bnr2 seperti seorang Paulus..Dia bisa ngelewati hari2 nya dg bahagia dan damai meskipun di tempat yg kotor skalipun,kenapa? Kenapa bisa spt itu???
 karena dia dekat dgn Tuhan..Tuhan adalah sumber kekuatan kita, Tuhan adalah sumber sukacita kita, karena dekat dengan Tuhan adalah hal yg tidak bisa dibeli dgn apapun yg ada di dunia ini.Hanya Tuhan yg bisa menguji hati kita, apa benar kita memprioritaskan Tuhan di dlm hidup kita. apa cuma omongan? apa cuma karena kita sudah hidup kudus? Tuhan melihat ke dalam hati..Ia tau sgala isi hati kita... dan 1 hal lagi yg gw tangkap dari pesan tmn gw “Tuhan ga melihat masa lalu kita dan Dia ga lihat seberapa hebatnya kita.”
Klo berbicara soal masa lalu itu lebih sulit lg, sulit ngelupain hal hal yg buruk dan org2 yg sudah menyakiti gw di masa lalu..masa lalu jg sering membutakan gw, menghakimi gw, tapi gw tau kalo Tuhan ga melihat ke masa lalu gw dan jg dgn hal yg gw khawatirkan. Tuhan peduli dgn kita semua meskipun kita sering jatuh bangun dan pny masa lalu yg tidak sempurna, dan Tuhan tidak mengajarkan kita menjadi org yg hebat tapi Ia ingin kita selalu menjadi org yg rendah hati dan tidak sombong rohani... Kita juga harusmenjadi org yg mau ditegur ketika kita salah , sebab Ia selalu mengawasi dmana pun kita berada...
TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia. (Mazmur 11:4)


Gw secara ga sadar sering hidup dlm dunia gw sendiri, gw hidup dalam keegoisan dan kekerasan hati gw sendiri.. Kadang2 Tuhan menegur lewat firman Nya tapi gw ga mau mengakui bahwa teguran itu adalah buat gw., Seringkali pas ngedenger firman yg emang ditujuin utk gw, gw malah bisa ngelak dgn bilang “ehhh itu firman buat si ituuu,buat org laen bukan buat gw” Padahal mungkin itu firman buat negur gw, tapi gw bisa sempat sempatnya ngelak... Gw sadarr klo gw sering banget ga suka klo uda ditegur , ga suka nerima masukan org laen, karna gw masi beranggapan gw itu lebi benar...
Padahal firman Tuhan berkata “Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.”(Amsal 27:5)
Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya. (Amsal 8:33)

Ini saatnya utk hidup menjadi org yg mau ditegur dan tidak mengabaikan didikan dari Tuhan, bukan utk menunda nunda lg.. Siapa yg mau ikut dlm perlombaan dan mau menjadi pemenang harus mau menerima didikan dan pengajaran dari Tuhan..

Dan inilah doaku Tuhan.....
Tuhan,, ajarin aku utk menjadi  orang yg mau ditegur dan mau diajar .. Aku tidak mau menjadi org yg keras kepala dan tidak suka dengan didikan atau teguran yg membangun..
Seringkali aku memboroskan hidupku utk melakukan hal yg tdk berharga dan seringkali kesalahan itu membuat hidupku hancur dan aku jatuh kedalam dasar yg begitu gelap, dimana aku merasa tdk ada yg bisa menolongku. Ketika hal itu terjadi barulah aku mencari dimana Tuhan. Apakah Dia ada? Apakah Dia nyata? Sungguhkah Dia ada?
Ooh betapa jahatnya aku karena sudah meragukan Tuhanku yang hidup, yang slalu menegurku ketika aku salah tapi aku bersikeras pada keegoisanku sendiri.
Sudahkan aku memberikan yg terbaik utk Tuhan? Apakah aku hanya bisa mengeluh tanpa memiliki fondasi yg kuat. Ketika Tuhan menciptakanku, Ia punya beribu ribu rencana yg terbaik utk aku tapi aku membuatNya kecewa dengan berbuat dosa dan tidak percaya padaNya,tapi Ia tidak pernah marah padaku, Ia tidak lari dari sisiku. Ia sudah mengirimkan satu satunya jalan keluar utk menebus manusia agar semua manusia bebas dari penghukuman. YEss aku adalah org yg sudah dimerdekakan oleh Kristus...Maka aku mau belajar utk hidup dalam kasihNya,memberikan seluruh hidupku untuk Tuhan Yesus, aku mau mengasihiNya lebih dari apapu, aku mau ditegur ketika salah dan tidak mau mengeluh dengan hidupku..

Yess Lord, I’m ready, I will follow Your way.. I begin my walk. The trails are long and the sun is hot. Soon my sweaty shirt sticks to my body and I grow tired, but I keep walking. I tell myself, ``Just keep putting one foot in front of the other. That's all you need to do.'' Each step by itself is almost inconsequential. The trees look almost the same, the mountain top seems just as far away, but I keep walking. All these insignificant steps, combined together, move me to my destination. Jesus is our living map. Jesus is the bread of life..
 

2 komentar:

  1. salah satu musuh yang berbahaya : sombong iman..
    dia bagaikan musuh dalam selimut.. kebanyakan kita ga sadar kalo kita udah sombong iman..

    jia yo ^_^

    BalasHapus
  2. iyeee..mulai lupa diri, terbang terlalu tinggi, jd lupa dirii.. ga bole ga bole gituu hehe

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini