Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Sabtu, 21 Mei 2011

Prayer & Fasting

Gw dulu ga ngerti kenapa org Kristen juga ada puasa dan pas gw ngeliat cowo gw puasa ehhhh gua pikir dia ikut ikut tmn kantor nya yg muslim yg kebetulan lg puasa jg..=)
Gua inget banget dulu gw slalu ikut tmn gw puasa dan gw benar2 ga da tujuan apa2 selain mau nunjukin klo gw juga sanggup ga makan plus mau diet *apaan cobaa??*
dan setelah gw jadi Kristen, gw baru ngerti beberapa hal tentang puasa.. Pertama kali gw bingung, loh klo org Kristen puasa kok bole  minum air ya? bukannya puasa itu semua nya ga boleh dimakan atau diminum bahkan menurut gw kalo nelan ludah aja uda batal puasanya hahaha
Sebenarnya itu balik lg ke komitmen kita masing2 utk mau ngelakuin puasa jenis apa, ada yg niatnya ga mau makan apa-apa dari pagi ampe malam, ada yg ga makan tp minum, dan bahkan ada juga yg puasa 3 hari 3 malam ga makan apa2 tp cuma minum doank.
Mungkin sebagian org blg "ehhh hebat ya bisa ga makan ato minum.. kok ga sakit maag? ga tergoda nih ama makanan." Justru itu lah tujuan nya kita puasa --> belajar menahan keinginan daging kita pas lg puasa.
Puasa itu identik dengan tidak makan apa-apa, tp klo lagi puasa apakah hati kita juga perlu dijaga?
Atau puasa itu cuma dengan ga makan apa-apa? ga minum apa-apa? ga melakukan apa-apa??


Banyak org *termasuk gw* yg memiliki pandangan yg salah ttg puasa, merasa bahwa uda bisa puasa berarti kita uda melakukan perintah Tuhan dan uda menyenangkan Tuhan "ehhh gw ini anak Tuhan yg taat lohh, gw bisa puasa 40 hari tanpa bolong 1 haripun."
dan gw jg dulu seperti itu, gw baru jadi org Kristen ga lama dan gw bisa berpuasa.. wah gw merasa gw uda hebat ya bisa puasa jg sama kyk senior gw... Dan gw bisa-bisa nya bilang ke org "eh gw hari ni puasa loh" , Tujuan nya apa coba ? knp mesti blg ke org laen? apa biar org laen berpikir gw ini anak nya bnr2 rohani dan taat??
benar-benar motivasi puasa yg salahh, ini puasa utk Tuhan atau buat menyenangkan hati gw sendiri? buat gw jadi sombong rohani?
Gw pernah ngeliat beberapa org yg begitu *just a sample aja ya*, gw pernah liat org yg nulis kata2 yg bisa dibaca org banyak ttg dirinya yg uda puasa dan merasa bangga dgn hal itu..Dan seolah-olah biar semua org tau klo dia lg puasa..
Jujur gw pas baca itu, ga merasa damai sejahtera banget dan yg muncul cuma "wah sombong nya."
Apa begitu cara kita berpuasa yg benar?? *geleng2 kepala*
Apa kata Tuhan soal puasa yg benar? baca yukkk sama2 ^^


Dan apabila kamu berpuasa janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.


Klo kita puasa, apa hanya brarti kita ga makan aja?  Tuhan mau  jauh di dalam hati kita benar-benar kita memuasakan hawa nafsu kita, segala kesombongan dan keegoisan kita. Bukan dgn menunjukkan raut muka spt org yg benar-benar lg berpuasa meminta petunjuk Tuhan, tp menunjukkan kesungguhan hati kita pada Tuhan.. Bukankah itu tujuan nya kita puasa?
Ingin nunjukin kesungguhan hati kita pada Nya, blajar utk membuka telinga kita biar kita mendengarkan suara-Nya, blajar mengontrol hawa nafsu kita dan blajar menahan segala godaan yg ingin menjatuhkan kita.
Tujuan yg salah dari puasa adalah klo kita jadikan puasa itu sebagai cara utk meminta sesuatu ke Tuhan.. Kita memaksa Tuhan utk dengerin dan jawab doa kita. Klo dgn puasa, semua doa kita bakalan dijawab langsung oleh Tuhan maka gw rasa smua org pasti akan puasa biar doa-doa nya dijawab oleh Tuhan.
Ga seperti itu... stuju ga? Menurut gw, klo puasa itu adalah satu cara yg kita pake utk lebih PEKA dgn suara Tuhan, sehingga kita bisa tahu apa kehendak Tuhan dlm hidup kita, bukan utk memaksa Tuhan melakukan apa yg kita inginkan..
"gw kan da puasa, nah sekarang mana nih janji Tuhan?"---> ini namanya pemaksaan >.<...
Puasa utk lebih ngerti apa maunya Tuhan , melatih kita utk menekan keinginan daging kita.. contoh nya?
yah klo lg puasa kan itu brarti kita ganti kegiatan kita itu dengan cara lebih mendekatkan diri ke Tuhan, ganti kegiatan baca majalah,novel, komik dgn baca alkitab, ganti lagu R&B dengan lagu rohani.,daripada nongkrong di mall mendingan kita duduk berdua dg Tuhan, buka hati dan pendengaran kita biar lebih peka dgn suara Tuhan. Mungkin slama ini kita terlalu menyibukkan diri dengan kegiatan & rutinitas kita sendiri, hingga kita lupa nyisakan wkt utk berdua dg Tuhan. Bangun tidur, doa bentar ajaaa langsung cabut kerja, pulang kerja lalu mandi dan makan, nonton TV atau internetan dulu, doa lg bentar sblm tidur lalu bobok dech... Secara ga sadar, kita menggeser posisi Tuhan ke posisi nomor dua, tiga atau keempat..


Balik lg ke soal puasa itu, di Alkitab ada cerita ketika Daud yg berpuasa utk anaknya dari istri Uria dimana Tuhan marah pada Daud karena Daud sengaja membiarkan si Uria tewas karena ingin mendapatkan istrinya...
Tuhan marah dan  mengutuki perbuatan Daud itu dan berkata :
Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati.
Meskipun Daud adalah org pilihan Tuhan tapi Tuhan tetap menghukumnya karena kesalahan yg sudah Daud lakukan karena mengingini istri org laen dgn membunuh si Uria.
Apa respon Daud? 
 Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.
Daud menyesal dgn perbuatannya yg uda buat Tuhan marah dan kecewa, dan kemudian Daud berpuasa supaya anaknya yg sedang sakit itu tidak mati..Daud berpuasa dengan sungguh sungguh bahkan Alkitab mencatat bahwa Daud berpuasa dgn tekun & juga berbaring di tanah.
 Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.
Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang di rumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka.


Apa yg terjadi? Daud uda sungguh-sungguh berpuasa dan memohon Tuhan utk mengabulkan permintaan Daud agar anaknya tersebut tidak mati...
Pada hari yang ketujuh matilah anak itu. Dan pegawai-pegawai Daud takut memberitahukan kepadanya, bahwa anak itu sudah mati. Sebab mereka berkata: "Ketika anak itu masih hidup, kita telah berbicara kepadanya, tetapi ia tidak menghiraukan perkataan kita. Bagaimana kita dapat mengatakan kepadanya: anak itu sudah mati? Jangan-jangan ia mencelakakan diri!"


Pegawai Daud tau bahwa Daud bersungguh sungguh puasa agar anak itu dpt selamat sehingga ketika Tuhan tdk menjawab doa Daud dan anak itu mati, mereka menjadi takut klo Daud akan kecewa dan mencelakakan dirinya sendiri karena doanya tidak didengarkan oleh Tuhan.


 Ketika Daud melihat, bahwa pegawai-pegawainya berbisik-bisik, mengertilah ia, bahwa anak itu sudah mati. Lalu Daud bertanya kepada pegawai-pegawainya: "Sudah matikah anak itu?" Jawab mereka: "Sudah."
 Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN dan sujud menyembah. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan.


Pegawai-pegawai Daud malah bingung melihat sikap nya si Daud.. loh? kemarin pas anak itu sakit aja, ia bahkan ga mau makan apa apa tp begitu tau anak itu mati kok bukan nya sedih malah langsung bangun,mandi,berurap dan ganti pakaian dan langsung makan??
Kenapa Daud bisa berubah 180 derajat begitu???
Jawabannya adalah :
Daud tau klo ia tidak bisa memaksa Tuhan utk melakukan apa Daud inginkan meskipun Daud sudah benar2 serius memohon pada Tuhan dengan berpuasa. Apa Tuhan tidak punya belas kasihan pada Daud?? Tentu saja bukan demikian. Puasa bukanlah cara utk memaksa Tuhan utk mengabulkan doa Daud .Bukan kehendak Daud yg harus terjadi, tapi kehendak Tuhan lah yg harus terjadi.


Daud sadar akan hal itu makanya ia ga mau berlarut larut dalam kesedihan dan ia tahu Tuhan itu tetap baik dalam kondisi apapun.. Buktinya apa Tuhan tetap sayang ama Daud?? Tuhan akhirnya memberikan lg anak kepada Daud dan anak itu sangat dikasihi oleh Tuhan...
Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, lalu Daud memberi nama Salomo kepada anak itu. TUHAN mengasihi anak ini.


Dari Daud kita bisa belajar bahwa emank bukan dgn puasa , kita bisa mengubah kehendak Tuhan menjadi kehendak kita.. Tp kita belajar utk lebih peka dan merendahkan diri di hadapan Tuhan, meskipun terkadang jawaban dari Tuhan itu tdk spt yg kita inginkan malahan kadang bisa meleset jauh dari permohonan kita.
Tetap Percaya klo Tuhan itu mampu dan sanggup, Ia punya rencana dan rancangan yg luar biasa indahnya, Ia tahu apa yg harus Ia lakukan dan Ia tahu apa yg kita butuhkan sehingga kita tidak perlu terus terusan memberitahukan apa yg kita inginkan...
Bukan kah kita semua pny kerinduan yg sama yaitu duduk diam di khadirat Nya dan mendengarkan apa isi hati Tuhan...
Bukan menjadi org yg memaksa Tuhan utk mengabulkan doa doa kita , tapi belajar utk mengikuti arus Tuhan dan berjalan di jalanNya yg uda Dia tetapkan..
Dan jg pake hikmat dalam segala kelakukan kita agar ga jadi batu sandungan bagi org di sekitar kita...
Mungkin ada sebagian org yg uda salah mengartikan puasa, termasuk gw yg duluuuuu... gw sampai berpikir klo misalnya uda puasa tuh pasti jawaban terbuka lebar di depan mata. Tp pas gw uda puasa, kok gw ga nemu2 ya jawaban nya? apa yg terjadi? gw jadi kecewa dech,, dan berpikir gini "kok ga ada solusi ya habis puasa? apa gw masi kurang tulus puasanya?" waduhhh benar benar motivasi yg salah karena gw pernah denger tmn yg lg puasa biar uang married nya bisa terkumpul dan jalannya mulus , dari situ gw langsung mikirr ohhh berarti klo puasa bisa buat Tuhan ngabulin doa kita donk?? *ketok2 kepala*
Dan pemikiran gw yg salah itu buat gw sadar klo puasa seperti itu berarti bukan prioritasnya utk nyari kehendak Tuhan tapi utk nyari kehendak gw sendiri...
Yesaya 58 : 6
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman,dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk


Ingatlah tujuan kita puasa itu adalah : 
1. Puasa itu bagian dari pelayanan kita pada Tuhan
Rasul Paulus menulis dirinya sebagai pelayan Allah dengan berdoa dan berpuasa padaNya karena itu adalah kunci pertumbuhan iman kita.


2.Puasa utk merendahkan diri di hadapan Tuhan
Dengan berpuasa kita menundukkan tubuh jasmani agar kita tidak dikuasai olehnya.
Puasa bisa merubah manusia dan menyingkirkan penghalang antara manusia dan Roh Kudus, sehingga Ia bisa bekerja dengan leluasa.


3.Puasa utk mencari kehendak Tuhan dan menerima petunjuk Tuhan
Apa yg menjadi kehendak Tuhan , itulah yg kita inginkan. Oleh sebab itu kita berpuasa utk membuka pendengaran kita dan minta petunjuk Tuhan. Sama seperti Musa yg berpuasa 40 hari 40 malam sebelum menuliskan 10 perintah Allah..


4.Puasa utk mendisiplinkan diri kita
Dengan puasa , kita bisa belajar utk mengontrol diri kita dari hawa nafsu seperti dengan menahan rasa lapar sehingga kita tidak menjadi budak rasa lapar dan menghilangkan keterikatan kita akan rasa lapar itu.
Korintus 9 :27
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.


God bless





3 komentar:

  1. setuju Len!!! :) puasa bukan buat pamer ato nyogok Tuhan, tapi untuk lebih deket lagi sama Dia. Hehe

    BalasHapus
  2. Setuju banget sama pernyataanmu "puasa itu untuk lebih ngerti maunya Tuhan", kmrn aq abiz diingetin sama cc iparku ttg pentingnya doa puasa.
    Skrg baca lagi blogmu ttg ini, thank you Len.
    Iyaa, aq kalo ga pas puasa tuh ga doyan makan, tapi begitunya puasa ehhh...ingin ini ingin itu banyakk sekali *kayak lagu doraemon*, begitu ya namanya daging, makin dilarang makin pengen. hahahahaha

    BalasHapus
  3. steph : agree =) km juga uda bahas kan kmrn soal puasa ? hihiihi

    lisa : hahahha tp pas kita bisa nahan keinginan daging kita spt nya kita bisa nyanyi begini yaaa
    "markas iblis dihancurkan.. panji Yesus ditinggikan"
    *lagu skul minggu hehehe*
    cia yo sist =)

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini