Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Kamis, 14 April 2011

Forgiveness



Kemarin gw pas ke gereja, pendeta nya tiba2 bilang begini pas kami lg doa "Doakan org yg uda nyakitin kalean, doakan musuh kalean, dan berikan mereka pengampunan." Gw langsung "GLEK" dan gw tiba tiba jadi nangisss.. Slama ini gw cuma doakan tmn2 dan keluarga dengan kata laen gw mendoakan org yg punya hub bae dengan gw.. Ga pernah terpikir klo gw harus mendoakan org yg sudah menyakiti gw, org yg sering menyindir gw atau jenis org yg ga pernah masuk ke hati gw...
Prinsip dunia "Klo ada yg nampar pipi kiri gw, gw bakal bales nampar pipi kiri & kanan tuh org"
hahhaha klo inget2 gw yg dulu, gw malu ndrii..Klo ud gw kesal ama tuh org, duhh mulut ini bisa bisa nya mengutuk aja dan benar2 mau nyari masalah ama org itu... Karna apa prinsip yg gw pegang dulu itu ya prinsip dunia,,, sp yg berani nyakitin hati gw, gw bakal bales utk nyakitin diaa...
makanya dulu pas di skul, gw sering banget berantem ama tmn... karena gw tuh mau terlihat hebat dan ga bisa ditindas musuh.... Sekarang klo dipikir2, kenapa gw mesti bersikap spt itu *malu ndriii*
Sekarang  gw ngerti kenapa Tuhan mengajarkan kita utk tidak memakai prinsip dunia itu..
"Tp gw ga terima krn dia uda nyakitin gw??" Firman Tuhan jelas jelas berkata dlm Lukas 6 : 29
Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu 

Kita mgkn sering blg "di dunia ini mana ada org seperti itu?" masa uda ditampar pipi kiri mesti ngasi lagi pipi kanan.. ngejek donk klo gt?
Ya itu cuma perumpamaan yg Tuhan kasi, bukan berarti hanya ngalah klo kita ditampar oleh org laen.
 Tuhan mau ngajarin kita buat jadi terang dunia, bukan hanya bisa baca alkitab doank dan blg "ya aku bisa" tapi Tuhan butuh BUKTI... Lewat apa? lewat perbuatan kita tentunya. Seringkali kita ngalamin yg nama nya sakit hati, tersinggung,kesalahpahaman dan seringkali kita tuhh ga mau kalah alias kita mau memenangkan ego kita sendiri... Kdg kita berpikir klo yg nama nya mengalah  itu cuma kalo "ade gw mau barang gw, ya udalah gw kasi aja daripada ribut", kadang2 ucapan yg mau menang sendiri utk ego kita sendiri pun bisa jadi batu sandungan kita... Bukan hanya klo ditampar teman, gw diam aja dech klo dia mau nampar lagi.. Tp Tuhan mau kita melakukannya dari segala aspek kehidupan termasuk perkataan...
contoh : gw dan cowo gw kalo berantem ga pakai pukul-pukulan donkkk.. tp lewat apa? perkataan tentunya.. dan seringkali keegoisan masing2 jadi menutupi semuanya, cuma masalah kecil bisa jadi gede gara2 ga ada yg mau ngalah... masing2 mempertahankan ego masing2 kalo "Gw yg benarrr, u yg salaahh!" Nah klo uda kyk gini gw jadi ingat Firman Tuhan blg : Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.  Tuhan mau setidaknya gw mau mengalah dahulu dan jangan biarkan keegoisan gw menang hingga timbul masalah yg lebi gede. Cowo gw ga nampar gw, tp perkataan dia yg nampar gw dan gw bukannya mengalah malah gw ladenin aja dia... dan ujung2 na muncul pertengkaran yg ga sehat..-.-"
Penyesalan slalu dtg terlambat tentunya,,uda ribut2 ujung-ujung nya sama2 menyesal dan malu... Tapi intinya sama-sama belajar dari kesalahan dan mau memaafkan kesalahan org laen , mau itu gw yg salah atau dia yg salah --> yg penting sama2 salah dan mau intropeksi diri.


Gw sering dengar org laen blg gini ke gw " Gw tuh bae kalo misalnya org bae ama gw, tp klo org itu jaat ama gw, gw bakalan LEBIH jaat lg ke dia." --> hukum balas membalas "mencuri -->potong tangan", membunuh ganti "nyawa".. serem ga???
Jaman duluu duluuuu itu emank manusia pake hukum seperti ituu, sebelum Yesus dateng nebus dosa kita.. Tp ketika Yesus datang ke dunia ini , apa yg Dia bawa dan Dia ajarkan ke manusia? Hukum Kasih Sayang



Lukas 6 : 32-33
Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka
Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian

Firman Tuhan berkata "apa bedanya kita dengan org berdosa kalo kita pun sama seperti mereka." Kadang kita ga sadar, klo kita terlalu memilih-milih org yg mau kita baikin.. Klo misal na tas kita dijambret, trus apa respon kita? Panik? ngomel-ngomel??
gw pernah kehilangan BB yg baru gw beli 1 bulan, dan itu ilang jg karena kecerobohan gw ndrii. Gw naruh di mobil trus gw nyuci tuh mobil di carwash. Karena sblh carwash itu adalah Mall, jadi gw tinggalin aja dan gw pegi shoping... ALhasil gw kehilangan tuh BB dan gw marah2 ga jelas gt.. tau lha gmn klo uda panik dan kesal gt,, aduhh luar biasa gw sedih krn gw beli pake tabungan gw... Tp gw merenung lg dan gw mikir  kenapa gw mesti mengutuki org yg ngambil BB itu? gw nyesal dan gw doa minta maaf ama Tuhan, gw doakan semoga org itu menyadari perbuatannya dan gw setulus hati mau mengampuni org itu.. Ntah siapa dan dimana BB itu hilang , gw ga peduli karena kesalahan gw jg karena uda ceroboh, pokok nya gw minta maaf ke Tuhan karena gw ga pake mulut gw utk memaafkan org itu malah gw mengutuki org itu. Forgive me Lord, dan Tuhan yg kita sembah adalah Maha Pengampun dan Maha Pengasih , Tuhan yg mau mengampuni kesalahan anak-anakNYa meskipun kita uda jatuh kedalam dosa... Singkat cerita, 1 minggu kemudian gw dapat BB yg sama dari koko gw, meskipun itu bekas pake koko gw heheheh tp BB itu yg gw pake sampai hari ini.. Dan bagi gw sendiri, itu adalah pemberian Tuhan karena gw mau mengakui kesalahan gw dan gw mau mengampuni org yg uda ngambil BB gw itu.. Gw catet kejadian itu di diary gw dan gw pake itu sebagai pelajaran berarti buat gw sendiri agar gw bisa belajar memaafkan org yg uda ngambil milik gw...

Ada lagi cerita dari tmn gereja gw, dimana dia dijambret pas pulang dari gereja. Dan apa yg dia lakukan setelah tas nya dijambret, dia cm diam dan langsung berdoa agar Tuhan memaafkan perbuatan si jambret itu..
Orang-orang pada bingung kok dia bisa adem2 gt padahal di tas itu ada alkitab,dompet beserta KTP,ATM, kartu2 laen dan uang yg cukup banyak...
Bsk nya ia kaget karena tas itu balik ke rmh dia dan ibu kos nya bengong karena katanya ada org yg nganterin tas itu ke rmh. Dan KTP,ATM dan kartu2 laen nya utuh di dalem dan duit yg diambil sedikit aja, sisa nya masi ada di dompet...
Aneh ga? kok bisa jambret balikin apa yg uda diambil... Gw percaya klo Tuhan yg sentuh hati org itu dan dia bisa balikin itu semua juga karena BAGI TUHAN GAK ADA YANG MUSTAHIL.

Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka  dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi,  sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat


Tuhan mengajarkan kita utk memaafkan musuh kita, org yg tidak pernah tau berterimakasih pada jasa kita dan juga org yg pernah menyakiti kita sangat dalamm. Buat cewe2, utk memaafkan mantan pacar yg uda buang kita tuh susa banget. Gw jg pernah ngalamin hal seperti itu, kok gw bisa ketemu terus ama org yg gw pernah gw bencii karena ud nyakitin gw... Dan gw disadari oleh Tuhan , bukan karena apa2 gw bisa secara kebetulan bertemu dia tapi karena Tuhan mau gw memaafkan dia, mengampuni dia dengan segenap hati gw. Gw diajarkan utk tidak mengingat apa yg uda dia lakukan dengan perbuatannya yg menyakiti gw sangat dalam, tp belajar utk memaafkan dia meskipun gw tau klo dia yg harus minta maaf ke gw...
Dan setelah gw bisa memaafkan org itu, hati gw langsung PLONG , lega dann sukacita banget karena gw sadar klo bukan manusia yg berhak utk menghakimi tindakan seseorang.


Yesus tidak marah sekalipun ia disiksa, dicambuk dan disalibkan karena Ia rela mati buat kita semua, buat dosa-dosa kita dan tidak satu kata pun yg keluar dari mulutNya utk mengutuki perbuatan org2 itu..
Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebabmereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."
Yesus memaafkan Yudas Iskariot yg uda mengkhianatinya, Yesus tidak menyalahkan org yg menyalibkan nya, Yesus mengampuni dosa-dosa kita hingga Ia rela utk mati di kayu salib..
Apakah yg bisa kita lakukan utk membalas semua itu???
Menyambut moment Paskah, mari kita belajar utk mengampuni musuh kita, belajar dari teladan Yesus utk melakukan kehendak Bapa di surga, dan belajar utk selalu merendahkan diri dihadapan org laen termasuk org yg tidak menyukai kita...
Mengalah bukan berarti kalah & memaafkan bukan berarti kita salah....Karena kita adalah manusia yg uda ditebus oleh Yesus utk mempraktekkan hukum kasih sayang kepada sesama kita, sama seperti Yesus yang sangat mengasihi kita tanpa melihat dosa & pelanggaran kita..

Siapakah sesama kita ?
Yesus mengajarkan bahwa sesama kita adalah semua orang tanpa kecuali (bukan hanya keluarga terdekat atau saudara-saudara seiman saja), bahkan yang membenci kita adalah sesama kita juga.
Yesus telah menunjukkan kasihNya yang besar (tanpa syarat), ketika Dia mengorbankan nyawaNya demi umat manusia. Jadi kita pun harus mengasihi sesama tanpa syarat. Kita harus menyatakan kasih Kristus kepada semua orang.
Kasih yang sesungguhnya teramat besar ditunjukkanNya ketika Dia menyerahkan nyawaNya bagi umat manusia.- “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik. Memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” 
“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini