Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Senin, 07 Maret 2011

Experience with God

Gw sebenarnya mau post tentang pergumulan dlm pelayanan gw kemarin sore, tp berhubung blum selesai ketik jadi nya gw pending. Dan pas mlm nya (Senin) gua ikut doa pengerja dan disana gw ngalamin lg hal yg mau gw tuliskan ini, dimana pergumulan itu terus menekan gw sendiri. gw ketemu dg org yg menanyakan hal yg sama yg slalu jd pergumulan gw (baru nulis langsung ngalamin...woww)
Thx buat my dear Andi yg selalu ngasih gua semangat dan motivasi, gw banyak belajar ttg hidup dari dia.. Thx God uda ngirimin seseorang yg bisa menuntun gw ketika gw jatuh dan juga buat teman-teman yg selalu mendukung gw..Buat keluarga gw yg uda mulai bisa menerima gw apa ada nya. Gw yakin dan percaya kalo Tuhan selalu punya rencana yang indah bagi orang yg beriman…Bantu doa buat gw juga ya :) 
 

Ibrani 11 : 1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat

Gak terasa uda mau 1 tahun di sunday skul... Kadang berpikir dan merenung sendiri kok bisa ya gw sampai sejauh ini? Jauh ? yaa bisa sampai seperti ini buat gw nangis dan terharu... 
Leni yg dulu bebal dan ga percaya Tuhan sama sekali, tapi justru gw yang ditarik oleh Dia dan gw ditarik juga utk pelayanan dengan cara yg ga pernah terpikirkan oleh gw sendiri...
Duduk melamun sambil puter memory ke belakang *mengkhayal*
Awal gw ikut pelayanan, cuma karna gw kenal dgn tmn yang baru gw kenal yang aktif di sunday school... Cuma bbm aja sambil ngobrol-ngobrol dan dia ajakin gw buat ngeliat dia ngajar di skul minggu,..
Ya gw benar-benar pergi ke skul minggu karna gw emank suka anak kecil, ya gw pengen liat anak-anak kecil...
Tapi ternyata itu udah rencana Tuhan buat gw melayani disana dan gw benar-benar ditawarin buat bantu bantu di sekolah minggu...
Gw pikir ya ini sebenarnya kebetulan karena gw kenal dengan tmn gua aja.... Tapiiii heiiiii TIDAK ADA YANG KEBETULAN BAGI TUHAN... Gw ga tau kenapa Tuhan bisa punya cara yg begitu hebat buat ubah hidup gw sendiri, karena dari pelayanan sekolah minggu ini gua mulai dekat pada Tuhan.. Sebelum nya gw cuma 50% aja karena latar belakang gw bkn kristen....Tapiii TUHAN itu ajaib , Dia punya rencana bagi  kita, Dia ingin kita melihat kasih setia-Nya yang melakukan perkara yg luar biasa...
Yah,, pokok nya gw merasa nyaman di sekolah minggu dan gw diterima dengan sangat baik oleh teman-teman disana... Dan karena gw baru disana, akhir nya gua disuruh utk pertemuan pas hari Jumat utk interview sebagai guru sekolah minggu dan biar ngerti apa komitmen sebagai guru sekolah minggu....
Gw pergi dengan 50% keyakinan kalo gw akan benar-benar diterima karena yaa gw blom dibaptis,, Gw tau klo gw harus dibaptis air dulu agar bisa terjun ke pelayanan, meskipun uda dapat baptisan roh kudus tapi gw harus dibaptis air juga, karena itu udah proserdur dari gereja. Tapi gw ga tau kenapa gw di sms terus utk datang padahal gw uda bilang klo gw belum bisa melayani karena belum bisa ngikutin prosedur itu.
Pas gw tiba disana, gw masuk dgn ragu-ragu.. Gw di interview oleh Kak Murni dan pas disuru isi tanggal baptis , gw ngelewatin aja.. Pas ditanya kok dikosongin? gw cuma jawab "maaf kak, saya belum dibaptis."
Dueeennggg seisi ruangan itu diam dan liat ke arah gw -.-''
gw nunduk dech.... trus cm dijawab "ooohhh blom dibaptis ya? oke gak apa-apa kak."
Gak mungkin donk mereka usir gw plg ya hehehe... dan pas gw di interview ama Kak Murni , dia jg nguatin gw dengan cerita dia yg gimana hidup nya diubahkan oleh Tuhan.. Gw senang banget dengan cerita nya yg membangun iman gw sendiri,, gw merasa masi diterima dgn baik dan dia ga buat gw down karna gw beda sendiri disana..
Yahh ujung-ujung nya karna mesti ikut prosedur, gw blom bisa ikut training guru sekolah minggu karena prosedur nya adalah mesti dibaptis dulu baru bisa ikut training....
DOwn??? yahh gw sempat down pas itu,,, gmna gak down kalo semua org pada nanya eh lu kok blom dibaptis.... Tapiii gw dikuatin lagi oleh Tuhan,, Tuhan ga nyuruh gw putus asa dan lari dari pelayanan. Justru itu awal mula nya gw bisa jatuh cinta dengan Tuhan... Semua hal-hal mustahil itu tidak berlaku bagi Tuhan.Orang laen selalu berpikir kalo ... Gmn mau melayani klo lu sendiri aja blm yakin buat dibaptis??? Itu pertanyaan yg slalu muncul di hati gw... Tp gw punya alasan sendiri kenapa gw masi blum dibaptis.. heii gw mesti taat jg pada org tua, bukankah itu pesan yg Tuhan selalu sampaikan? Gw ga tau apa pemikiran gw slh ato gak , tapi cowo gua slalu ngajarin gw hal yg sama karena dia jg dari latar belakang keluarga yg sama dengan gw.. Dan sekarang ia sudah dibaptis dgn restu dari org tua nya...
gitu jg dgn gw,, gw pengen gw direstui oleh org tua gw sendiri...  Sebagian org berpikir "kenapa mesti begitu sech nunda-nunda, berarti lu itu ga beriman donk??" Tapi guys, gw cuma menjalankan perintah Tuhan yg ingin gw juga menghormati org tua gw dan biarlah hati mereka yg dpt diubahkan oleh perilaku gw sendiri... Mereka yg sudah membesarkan gw sampai segede ini, trus gw harus membohongi mereka (diam-diam dibaptis).. Gw rasa itu hanya menjadi batu sandungan buat gw sendiri jika gw ngelakuin hal itu tanpa sepengetahuan ortu gw sendiri..

Efesus 6 : 2
Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini.

Dan kenapa gw mesti takut kalo Tuhan sendiri yg sudah berjanji pada gw??? Semua akan indah pada waktu Nya....Sebab Tuhan akan memberikan yg terbaik kepada anak-anak Nya. Mungkin org laen dgn gampang bisa blg, kenapa km mesti takut?? Gimana klo ntr kamu dijemput trus km blum dibaptis.. Gw Cuma bisa jawab “Pliz berbicaralah dgn hikmat.” Klo gw ditanya apakah pny kerinduan buat dibaptiss… YA!! Gw pengen dibaptis.. sapa yg gak mau? Tp buat apa klo dgn dibaptis trus gw diusir dari rumah dan dianggap anak durhaka.. Gw hidup dari keluarga yg penuh dgn adat istiadat dan org yg punya latar belakang keluarga seperti gw pasti bisa mengerti apa yg gw pikirkan. Tapi jika hanya dgn memusatkan segala sesuatu nya dari “baptis” itu sendiri, menurut gw mungkin sangat keliru jika Tuhan ingin gw melawan org tua gw sendiri… Kenapa gw bisa blg begini? Karna cowo gw itu punya latar belakang yg sama dg gua, dia blm dibaptis selama belasan tahun tapi juga ikut melayani. Dan alasan dia utk “belum” dibaptis karena orang tua nya juga. Apa yg buat gw bisa meniru keteladanan dia karena Tuhan memang ingin dia menjadi anak yg taat dan akhir nya April 2010 kemarin dia dibaptis dgn persetujuan dari mama nya.. Dan mama nya bilang “Bagus ya an, kamu masi menghargai mama dan tidak ambil keputusan baptis tanpa sepengetahuan mama.”

Menurut gw sendiri, Tuhan ingin kita menjadi terang bagi sesama kita. Kalo mau berbicara soal kerinduan , jgn ditanyakan lagi… Gw bisa iri dgn org laen yg bisa melayani dengan bebas, bisa ke gereja tanpa berpikir nanti gw kena marah ga sama org tua gw, yg bisa ikut menara doa tanpa berpikir nanti mama gw nyari gw gak ya, yg bisa ikut pertemuan di gereja tanpa melihat terus HP nya karena takut dicari oleh org tua nya, yg bisa baca Alkitab tanpa sembunyi-sembunyi..
Kalo kt org gw harus mendoakan terus,, ya itu yg terus gw doakan. Tp apakah Tuhan selalu memberikan jawaban doa yg instant bagi umat Nya??? Gw mungkin masih baru dan kalah jauh tentang pengetahuan kekristenan , tapi gw bisa ngambil keputusan begini karena gw terus mendalami firman Tuhan dan mungkin gw salah dgn pendapat gw ini tapi gw hanya tau kalo Tuhan tidak akan tinggal diam bagi orang yg berseru terus kepada Nya dalam kesesakan. Dan waktu nya akan tiba bagi orang-orang yg menantikan Tuhan yang berseru kepada Tuhan dan akan menuai sukacita..

 Matius 7 : 11
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.

Semakin banyak gw ingin mengenal Tuhan, semakin banyak cobaan yg gw dapat.. Semakin banyak tekanan yg datang yg buat gw merasa down... Semakin dalam gw belajar ttg ajaran Kristus, semakin gw merasa ga gampang utk menjadi seorang kristen.. Tapii itulah cara Tuhan buat membentuk karakter kita sebagai org beriman yang tidak putus asa meskipun semua orang menentang kita...Dan apa yg Tuhan inginkan bukanlah putus asa dan menyerah... Gw sempat down dan gw blg gw give up klo uda ditentang terus :( tapi Tuhan ingatin gw lagi ttg waktu.. Apakah dgn sedikit cobaan ini kamu uda langsung menyerah? Dimana iman yang selalu diucapkan itu??? Gw langsung berlutut minta maaf pada Tuhan , kenapa gw bisa begitu lemah dan putus asa pada hal yg sebenar nya tidak sulit bagi Tuhan?? Kita dipanggil oleh Tuhan dan tentu nya Dia sudah mempersiapkan jalan yg terbaik buat kita dan ini hanya tergantung pada waktu dan seberapa tahan nya kita dibentuk oleh Tuhan...Kembali lagi pertanyaan gw “Kapan waktu nya akan tiba?” Kapan gw bisa menjadi pelayan Tuhan yg sah?” Mungkin sebagian org berpikir klo pemikiran gw ini salah, atau karna gw kurang dekat ama Tuhan sampai gw bisa ragu-ragu utk ngambil keputusan baptis.. Ada yg blg “len, kamu mesti rajin doa dan minta hikmat ama Tuhan. Mungkin aja Tuhan mau kamu langsung dibaptis tapi kamu sendiri yg gak yakin.”
Hmm klo menurut gw sendiri, cara Tuhan utk menyampaikan pesan-Nya itu tidak hanya ke diri gw sendiri langsung tapi bisa lewat mulut org laen, bisa lewat firman Tuhan.. dan ini ayat yg gw dapat..

Efesus 1 : 18
Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya : betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus.

Tuhan ingin menjadikan mata hatimu terang dan mengerti apa maksud panggilan Tuhan. Tuhan ingin gw ngerti mengapa Tuhan memilih gw di tengah-tengah keluarga yg tidak punya latar belakang kristen.. Kenapa Tuhan memilih gw yg awal nya sama sekali tidak percaya pada-Nya?? Apakah hanya gw sendiri yg mau diubah oleh Tuhan?

Kisah Para Rasul 16 : 31
“Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Yahh itu janji Tuhan yg bukan hanya sekedar janji saja.. Pertanyaan nya adalah bagaimana cara gw memperkenalkan Tuhan kalo tidak lewat perbuatan dan sikap gw sendiri?”
Apakah ada yg setuju kalo gw tetap berpegang pada keyakinan dan pendapat gw sendiri tentang keselamatan??  Kalo dgn keputusan gw secara sepihak, dan gw dijauhi keluarga dan tidak menjadi terang bagi keluarga? Ada sebagian org yg berpegang pada pemahaman nya sendiri sehingga apa yg dia lakukan itu sebenar nya malah menjadi batu sandungan bagi dia sendiri. Bukan nya gw ga mau buat dibaptis .. MAU banget! tapi gw masi perlu banyak doa dan minta hikmat pada Tuhan.

Tuhan mengingin kita utk menjadi berkat bagi org laen yg belum mengenal-Nya.. Tuhan ingin menunjukkan kasih Nya kepada mereka yg tersakiti, kepada mereka yang lemah dan berbeban berat, kepada mereka yg putus asa dan kepada mereka yg berdosa....Dan Tuhan selalu melakukan nya dengan cara-cara yg ajaib....
How great is our God,... Ingat cerita Saulus?? Siapa yg gak tau Saulus yang ingin memusnahkan org Kristen dan tidak percaya pada Yesus? Tapi akhir nya hatinya diubahkan oleh Tuhan  dan ia bertobat serta diubah nama nya menjadi Paulus.
Dan setelah itu Paulus melayani Tuhan dgn segenap hati nya dan menanggung banyak penderitaan dlm pelayanan nya..  Paulus yg dulu nya tidak percaya pada Tuhan bisa diubah oleh Tuhan dan ia bisa melayani Tuhan lebih dari yg org laen pikirkan. Orang laen melihat Paulus sebagai sosok yg berdosa karena masa lalu nya, tetapi Paulus bisa membuktikan ketaatannya pada Tuhan dan senantiasa mengucap syukur meskipun di dalam kesesakan.

1 Korintus 1 : 4
“Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus.”

Kalo baca tentang kisah Paulus, gw senang banget sambil tepuk tangan :D woww Tuhan hebat ya bisa merubah org yg berdosa menjadi pelayan Tuhan.. Jadi apapun yg sedang gw alami, gw ga mau menjadi mundur meskipun ada org melihat gw sebagai org yg gak serius dlm pelayanan, tapi gw Cuma berpegang pada 1 hal “Hidup dan pelayanan ku adalah utk Tuhan.”
Meskipun keluarga gw sendiri blm bisa menerima sepenuhnya dgn pilihan gw sendiri , tapi gw percaya Tuhan punya rencana yg terbaik dan indah buat gw sendiri..  Mungkin banyak hal yg masi perlu gw ubah dg perilaku dan sikap gw. Gw sadar kalo sebagai manusia tentu nya tidak mungkin perfect dan tidak pernah berdosa. Tapi kita harus  bisa bangkit dari dosa dan kesalahan kita menuju kedewasaan rohani..
Kalo sering ribut dgn adik sendiri,, belajarlah dewasa dan mengalah *ngomong ama diri sendiri*
Kalo sering menolak perintah mama dgn alasan ini itu, maka tunjukkanlah sikap yg taat sebagai seorang anak *ngomong lg ama diri gw sendiri*
Kalo sering malas baca firman dan malas berdoa, maka harus berubah menjadi rajin doa dan rajin baca alkitab.
Tuhan sedang mencari org yg haus akan Dia, org yang mau dan bersedia utk dibentuk oleh Tuhan. Ia tidak mencari manusia perfect yang kelihatan nya tegar dan tidak perlu bantuan apa-apa , tapi Ia mencari manusia yg merindukan kasih Tuhan.
Apakah kita sudah menjadi org yg demikian? Yang masih memiliki keintiman hati dgn Tuhan? Yang mengerti apa yg Tuhan mau kita kerjakan dlm hidup kita?
Ayo selidiki hati kita masing-masing.. God bless :)

Lukas 6 : 21
Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang menangis, karena kamu akan tertawa.
 

4 komentar:

  1. Len, apapun yang jadi prinsip kamu soal baptisan, do it with faith! :) :)
    baptisan air emang gak "mpengaruhi" kselamatan soal masuk surga apa kaga tp itu juga perintah Tuhan. keluargaku non kristen len, bahkan nyokap dulu muslim ( skrd uda trima Tuhan Yesus, dibaptis, melayani dan aktif bgt di gereja, yang paling penting hidupnya berubah! ^^) uda pasti kalo aku tanya ortuku gak dikasih, tp waktu itu i got faith, ya uda apapun harganya, aku mau terima buat my "new faith".

    seneng denger ceritamu "ditangkep" sama Tuhan, duuuh aku merindukan dunia pelayanan anak. dulu smpet mlayani juga di kelas balita ^^ hehe plus jadi guru TK. km kerja apa len? klo suka anak2 jadi guru ajaaaaaa :)

    BalasHapus
  2. wah gw baru baca nih len. tetep semangat yah! kalo gw, bonyok emang budha, tapi mereka ga maksa anak harus budha jg. jadi terserah kita aja. so, in some sense, mungkin gw ga bisa ngerti perasaan lo sepenuhnya. but i will pray for u. dan mnrt gw, justru lo org yang sangat berani! hebat! lo bisa melawan arus dan berubah ikut Yesus, bahkan menjalaninya dg humble (ga mo ngelawan ortu). hebat len! gw salut!

    BalasHapus
  3. steph : oh ya... tnyta gw ga sendiri yg pny pergumulan ttg latar belakang keluarga.Enak sech klo bonyok u bisa trima keputusan anak nya. jd km sendiri yg kristen di rmh??
    gw bsyukur bs kenal Yesus dari org2 yang bnr2 menjadi teladan hidup gw . dari 0 yg sama skali ga tau apa2 sampai cinta mati ama Yesus :D
    dan mgkn slh dg pemikiran gw, tp gw cuma bisa ikut mengalir di jalan yg Tuhan ajarkan..

    thx ya. gw butuh bgt dukungan doa dari tmn seiman :).. very appreciated...

    BalasHapus
  4. ci Lia : thx buat advice na.. aku akan ambil keputusan yg terbaik dan tlg bantu dukungan doa nya ya... ya, i will do it with faith. :)

    ya pengen jd guru TK... hihihi kpn ya bisa terkabul???

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini