Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Sabtu, 12 Maret 2011

Give Thanks Unto The Lord

Semalam gw dapat bbm dari seorang tmn dekat gw,. Dan dari perbincangan gw dgn dia, gw benar-benar merasakan apa yg dia rasakan. Gw seperti melihat diri gw sendiri ketika dia bicara soal isi hati nya. Meskipun kita berbeda dlm soal kepercayaan, tapi gw benar-benar ingin dia tau kalo gw juga ingin dia mengalami hal yang luar biasa bersama Tuhan. Gw nulis ini karena gw ingin mengingat bagaimana kebaikan Tuhan dalam hidup gw..

Lukas 11 : 28
Tetapi Ia berkata : “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Kalo menurut gw “dulu” , yang namanya bahagia itu adalah ketika kita memiliki segala sesuatu nya dalam kelimpahan yaitu duit, rumah yg besar, mobil mewah, suami/pacar yang perhatian, orang tua yg selalu memenuhi kebutuhan kita.”
Trus gw dari kecil ngambil kesimpulan kalo gw itu diciptakan utk menderita.. gw lahir dlm keluarga yg tidak kaya, gw tidak seberuntung tmn2 gw yg bisa pergi ke sekolah dianter pakai mobil/motor, gw ga bisa pergi ke mall setiap minggu, gw ga bisa minta hadiah sepeda ketika gw bisa dapat nilai raport yang bagus..
Pokok nya semua hal yg gw alami itu membuat gw dari kecil berpikir bahwa kita ini hidup karena usaha dan jerih payah kita sendiri. Gw berpikir “gw ga merasa kebaikan Tuhan dan gw tau dimana Tuhan” (ini pas gw belom kenal Tuhan ya hehehe)
Cita-cita gw Cuma 1 yaitu gw bisa belajar sampai bangku kuliah dan gw bisa jadi org sukses serta buat org tua gw bahagia. .
Tapii setelah lulus bangku SMU, kenyataan tidak sesuai dgn harapan gw.
gw ga lanjut ke bangku kuliah karena mama gw ga punya biaya yg cukup utk kuliah. Dan karena mama gw harus biayain koko gw buat kuliah, gw harus mengalah..
Tp gw dapat tawaran beasiswa di kota kelahiran gw, tempat gw tinggal., Gw masi mikir klo yg nama nya kuliah pasti ngeluarin uang laen-laen dan itu berarti gw ga bisa bantu org tua gw..
Jd akhir nya gw memutuskan utk tidak kuliah dan gw mau kerja buat bantu org tua. Yang ada di pikiran gw saat itu “mama gw ga adil” L gw tuh nyesal karna pernah blg hal seperti itu ke mama gw…. Gw tau betapa dia uda berusaha membesarkan kami dan tdk pernah meminta balasan apa-apa… Gw kemudian nguatin hati gw sendiri dan karena keluarga kami pindah ke kota yg sekarang gw tinggal, maka semua nya harus mulai lagi dari awal.
Dan dari kota inilah, gw melihat semua kebaikan Tuhan. Meskipun gw belum kenal Tuhan, tapi Tuhan itu luar biasa dan Dia tidak pernah memilih-milih orang yg butuh pertolongan-Nya.
Dari awal nya kami tidak punya rumah di kota ini, ga punya kendaraan bahkan utk tinggal aja mesti numpang di rumah saudara. Dan gw bersyukur karena gw sempat mengalami hal-hal sulit dan tekanan hidup, karena dari setiap masalah dan tekanan itu maka Tuhan membentuk karakter gw.  gw harus diam dan tidak bisa melawan karena gw tau rmh yg gw tempati itu adalah karena kebaikan org laen. gw hanya bisa menahan rasa iri gw ketika gw liat tmn gw lagi ngerjain tugas kuliah tapi gw uda harus bekerja tanpa merasakan masa-masa seperti itu… dan byk hal yg harus nya tidak pernah terpikirkan oleh gw, itu Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup gw…

Mazmur 31 : 22
Terpujilah TUHAN, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!

Tuhan punya sesuatu rencana yang besar di balik setiap kejadian yg menurut kita terlalu berat dan manusia selalu mengeluh dahulu dan merasa tidak sanggup dgn tekanan hidup. 1 hal yg ingin Tuhan inginkan adalah manusia berserah pada-Nya, berharap pada-Nya, mengandalkan-Nya, percaya dan taat pada-Nya.

Gw yang baru remaja dan ga kenal ama Tuhan, di pikiran gw  hanyalah mencari duit dan motivasi yg buat gw giat utk kerja adalah utk memperbaiki nasib. Yah gw ingin lebih lagi , Cuma itu yg ada di pikiran gw saat itu. Pas gw kerja awal nya Cuma dgn standard gaji UMK… dan gw uda punya motivasi utk ngumpulin duit buat beli mobil biar bisa anter mama gw kemana-mana , biar dia ga usa jalan kaki.. Dan dari kota inilah kami sekeluarga bersama-sama merintis usaha dan ternyata itu cukup berhasil.
Kami bisa punya mobil dan rumah seperti yg bnr-bnr gw inginkan..
APAKAH Gw bahagia???  Ya gw bahagia karna usaha yg kami lakukan itu tidak sia-sia dan Tuhan memberikan apa yg ingin kami perjuangkan selama ini… Bahagia karena gw pernah mengalami masa-masa sulit sehingga gw lebih bisa menghargai sesuatu yg gw peroleh dgn jerih payah.

Awal nya gw berpikir kenapa ya gw mesti jauh-jauh pindah ke kota yg baru dan gw mesti ninggalin teman-teman gw.. Tapi sekarang gw bisa tau kenapa Tuhan membawa kami sekeluarga pindah ke Batam.
Dan Tuhan itu punya rencana yang tidak pernah terpikirkan oleh gw pas gw datang Batam. Gw seorang anak yg keras hati dan tidak pernah tau harus mencari Tuhan dimana. Tapi gw dipertemukan dengan cowo gw yg sekarang.. Ia seorang yang takut Tuhan dan bukan hal yg kebetulan jika kami bisa bertemu dan menjalin hubungan.
Gw datang dari pulau sumatra dan dia datang dari pulau jawa *yah ga jau-jau amat sech Bandung-Batam*, sama-sama bertemu di tempat yg uda direncanakan Tuhan… Hal yg tidak pernah terpikirkan adalah gw bisa menjalin hubungan dgn org yang tidak seiman alias beda agama.. Dari kecil gw slalu cuap-cuap No No No buat pasangan beda agama. Tp gw ga tau kenapa gw bisa terima dia dan sama-sama pergumulan jg soal na dia syok dengan sifat bebal gw *hahahha* dan jg bahasa yg beda *gw kan china tok tok dan dia china yg ga bisa berbahasa china (OCBC) hahaha*, trus org tua gw jg pasti na tidak setuju dgn pilihan gw,,
Singkat cerita, gw pacaran setelah melewati beberapa proses yg kalo gw ceritakan mgkn bisa buat gw begadang buat ceritain dg lengkap. Yah itu awal dari Perjalanan gw mengenal TUHAN.

Selama ini org selalu berpikir gw ini hanya ikut-ikut cowo gw,, spt kata tmn2 gw . Mereka selalu mengambil kesimpulan klo gw pindah agama , dari buddhis ke kristen , itu karna cowo gw itu kristen.. tapi kesimpulan itu SaLah besar,, Karna gw bukan tipe org yg penurut dgn apa kata pacar, disuru  pindah ya pindah… Malahan 1 kalimat utk ngajak gw ke gereja aja , ga pernah dia sampaikan karena dia tau gw akan marah & sangat sensitif dg kata-kata “gereja.”
Selama 3 tahun pacaran, cowo harus bersabar dgn sifat gw yg benar-benar keras kepala dan ga mau kalah (itu kesaksian dia hahaha) Sampai-sampai ada yg pernah bilang ama dia buat putus ama gw karena Leni itu ga mungkin bisa berubah dan ngikut lu… Tau sendiri Leni org nya gimana.. hahaha
Tp sekarang klo gw ketemu ama org itu di gereja, gw Cuma bisa nunduk malu aja karna gw uda pernah ribut ama dia. Dan gw rasa mungkin dia jg bingung kok TUHAN gitu luar biasa ya bisa ubah seorang anak yg bebal , ga punya pengharapan pada Tuhan, malahan sekarang bisa melayani Tuhan.. Praise The Lord J

Nah butuh waktu 3 tahun utk Tuhan bisa merubah hati gw, meskipun gw tiap hari bertemu dgn org yg cinta Tuhan dan selalu memberikan gw teladan hidup sebagai anak Tuhan. Tapi tetap aja gw selalu bilang “APA bukti nya kalo gw bisa bahagia?”
Dan apakah bisa dibilang klo sekarang gw itu mencintai Tuhan hanya karena ikut-ikut cowo gw?
Dulu kalo pas di kantor gw (pemilik nya org Kristen) selalu diadakan persekutuan doa pas hari Rabu…  Pernah neh cowo gw ngajak gw ikut dan apa yg gw rasakan? Memberontak di dlm hati dan gw janjii dlm hati gw “gw ga akan pernah ikut yg nama nya ibadah seperti ini.”
Gw sampai berjanji klo pun gw akhir na merid ama cowo gw sekarang, jgn harap gw mau ikut dia,, pokok nya dgn mata bersinar sinar dan hati teguh , gw janji ama diri gw sendiri…
Yah tmn-tmn gw yg dengar tepuk tangan “wah leni hebat ya, prinsip nya kuat, emank harus gt tuh len.”
Gw mengalami banyak proses demi proses,hingga gw sendiri jadi seperti orang kehilangan arah. Gw itu tipe org yg selalu mengandalkan org laen terutama cowo gw, jadi pas hubungan kami mengalami masalah gw jadi merasa kalo gw seperti kehilangan fondasi. Sebab selama ini mungkin dia terlalu banyak mengalah buat gw, byk mendengarkan keluhan gw, dan ternyata hubungan yg tidak seiman itu membuat visi kami masing-masing berbeda. Dan gw tau , apa yg gw alami dgn setiap masalah-masalah keluarga, pribadi, kerjaan, dll, itu semua adalah proses Tuhan utk membuat gw mengandalkan Tuhan, bukan mengandalkan pacar,keluarga ataupun teman.

Mazmur 27 : 1
TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?

Selama ini gw selalu melakukan sesuatu dgn mengandalkan diri sendiri dan org laen, sampai gw jatuh dan kecewa pada org di sekitar gw. Gw ingat pas itu gw sms-an dengan tmn gw, dan Tuhan pakai tmn gw itu utk menyadarkan gw. Tmn gw ngajarin gw utk berdoa dan percaya bahwa masalah itu tidak lebih besar daripada Tuhan.
Akhir na utk pertama x, gw berdoa di kamar gw.. Pas gw baca ayat ini,, *ehhh* pas dgn cara gw pertama x berdoa…

Matius 6 : 6
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

YAAAAAAAa… Tuhan menjawab doa gw yg pertama x dengan memberikan rasa aman dan sukacita yg belum pernah gw rasakan. Rasa bahagia yg berbeda dgn bahagia ketika gw memperoleh kelimpahan duniawi.. Bukan kebahagiaan seperti itu!
Dan benar-benar roh kudus yg nuntun gw berdoa yg gw sendiri tidak tau bagaimana cara nya. Apa yg gw rasakan setelah itu???
DAMAI & SUKACITA yg gw rasakan meskipun gw tidak menemukan jalan keluar dari permasalahan gw. Tp yg gw tau bahwa ternyata gw tidak sendiri karena Tuhan adalah gunung batu ku, Tuhan menopangku ketika gw lemah dan Tuhan memelukku ketika gw merasa sedih.

Gw ingat pada saat itu cowo gw lagi ke luar kota, dan gw mutusin mau ke gereja sendiri.. Selama ini gw pernah beberapa x ikut cowo gw ke gereja tapi hanya utk diam dan melihat org Kristen beribadah., karena gw hanya penasaran dan pengen tau aja…
Tapi hari itu, gw ga tau kenapa begitu kuat dorongan gw utk pergi ke gereja dan gw benar-benar pergi sendirian kesana. Dari situlah awal mula nya gw mulai mengenal kasih Tuhan dan cara pandang gw tentang hidup benar-benar diputarbalikkan oleh Tuhan. Bagaimana caranya gw bisa mencari makna kehidupan ini dan bagaimana gw benar-benar bisa bahagia??

Yohanes 14 : 6
Kata Yesus kepadanya : “Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Yesus adalah jalan dan kebenaran.. Yess! Tahun 2010 awal gw mulai-mulai sungguh berjalan bersama Tuhan. Cowo gw sering blg : “3 tahun gw nunggu Tuhan ngubah pemikiran lu dan itu bukanlah sesuatu yg gampang.” Yapp selama itu byk sekali hal yg bisa buat kami berpisah , tp Tuhan ga ijinkan itu terjadi. Kenapa? 
Karna Tuhan ingin memakai dia utk mengubah hidup gw yg tidak ada tujuan dan kami mesti mengalami pertengkaran yg luar biasa hingga sempat putus nyambung . Tapi berkat kebaikan Tuhan, maka semua hal yg dianggap manusia tidak bisa terjadi, itu sanggup terjadi ketika Tuhan mengetuk pintu hati manusia dan dengan masalah itu lah Tuhan memberikan kita pengharapan yg baru.. Dlm waktu yg ga lama , gw ditarik Tuhan utk ikut ke dalam pelayanan. Banyak lika-liku yg mesti gw hadapi karena latar belakang keluarga yang non-kristen dan gw bingung bagaimana harus menjelaskan nya pada keluarga gw sendiri.
Gw sampai ngumpet-ngumpet kalo mau ke gereja, baca alkitab sembunyi-sembunyi. Gw sering nutup identitas baru karna gw takut org laen judge gw itu tidak pny pendirian. Dan tidak jarang org berpikir gw begini gara-gara ikut cowo gw. Tp klo org yg benar-benar mengerti, mereka akan tau bahwa segala sesuatu yg gw alami itu bukan karna cowo gw tapi itu karena rencana Tuhan.
Tp seiring dg waktu, gw mulai diberikan keberanian utk nunjukin iman gw dan gw benar-benar harus bayar harga dgn itu semua.. Gampang? TIDAK… Ditentang? PASTI…
Awal nya pasti serba ga berani, Ga berani doa pas makan, baca alkitab sembunyi2 *akhirnya ketahuan ade gw :D*, ga berani bilang mau ke gereja klo hari minggu..
Semua nya serba ga berani, tapi mau sampai kpn terus ditutupi dan akhir nya emank benar-benar ketahuan , tapi gw Cuma bisa nunjukin keseriusan gw dan biar Tuhan yg membela gw.

 Di hati gw cuma 1 hal yaitu gw memang ingin bersungguh-sungguh dgn keputusan gw dan gw hanya bisa berdoa kalo suatu saat keluarga gw bisa menerima keputusan yg sudah gw ambil.
Dan bukan sesuatu yg gampang karena begitu banyak tekanan disana-sini, dan gw harus benar2 belajar Pengendalian Diri, dimana apapun ucapan yg gw ucapkan itu tidak sampai menyinggung org tua gw. Jatuh-bangun-jatuh-bangun… semua proses itu gw alami tapi gw ga mau menyerah pas gw jatuh, karena pada dasar nya tidak ada manusia yg tidak pernah melakukan kesalahan.
Tapi belajar memperbaiki kesalahan dan bayar harga atas kesalahan kita itu. Yg paling penting adalah keteguhan hati pada pengharapan. Terkadang semua jalan terlihat sulit dan semua pintu tertutup di depan mata, tapi gw merasakan bagaimana pintu-pintu itu akan terbuka asalkan kita tetap percaya kepada Tuhan , biarkan waktu dan kesabaran yg menjawab segala sesuatu nya. Meskipun yg paling sulit adalah menunggu dan menunggu, tapi percaya pada Tuhan maka Ia yg akan membuat semua indah pada waktu-Nya. Dan setiap pintu yg tertutup itu mulai Tuhan bukakan buat gw dan gw bisa bersaksi pada org laen betapa baik nya perbuatan Tuhan dalam hidup gw. Dia membuat org yg lemah menjadi kuat, Dia membuat org yg kehilangan pengharapan menjadi penuh harapan, Dia membuat org yg rendah menjadi tinggi dan Dia tidak akan membiarkan anak-Nya berjalan sendiri dalam kegelapan, sebab Ia yg akan menuntun setiap langkah anak-Nya . Dia adalah Tuhan yang ingin anak-anak Nya bisa memanggil NYA “YA ABBA, YA BAPA.”

Ibrani 6 : 10-12
Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.
Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

Ketika Tuhan berjanji kepada Abraham bahwa ia akan menjadi bapa segala bangsa dan akan diberkati dengan berlimpah-limpah, maka Tuhan menggenapi janji Nya meskipun itu memerlukan waktu yg tidak instant. Abraham percaya pada Tuhan dan bersabar menanti janji Tuhan, dan ia memperoleh apa yg dijanjikan kepada nya.

Mungkin hari-hari ini sebagian besar dari kita sudah mengalami kemunduran rohani karena begitu banyak masalah yg datang sehingga membuat kepercayaan kita pada Tuhan menjadi pudar. Tapi percayalah… Percaya lah pada Tuhan . percaya tidak memakai tapi…
Saya percaya Tuhan pasti kasi saya rumah, TAPI gimana mungkin bisa kalo gaji saya Cuma segini..
Saya percaya Tuhan pasti kasih saya pasangan terbaik, TAPI kok tanda-tanda itu sama sekali ga ada.
Secara ga sadar gw jg sering bilang percaya dan tapi.. Percaya itu berarti yakin dengan iman , maka nya tidak boleh memakai TAPI.

Teman gw pernah nanya “apapun yang terjadi itu karena kehendak Tuhan kan? Trus kalo yg terjadi dlm hidup ini hal yg buruk, apa itu kehendak Tuhan?”
Kalo menurut gw : “YA… itu kehendak Tuhan tapi semua masalah ato keadaan buruk yg kita alami itu ,bisa diijinkan Tuhan terjadi dlm hidup kita sebab Tuhan ingin menunjukkan sesuatu yg indah di balik semua kejadian buruk itu.”
Mungkin selama ini kita terlalu jauh dari Tuhan, terlalu nyaman dalam zona kita sendiri dan memiliki semua kelimpahan dan itu membuat kita jauh dari Tuhan.
Dan reaksi kita ketika kita mendapatkan masalah adalah MENYALAHKAN Tuhan karena semua kejadian buruk itu.
Kenapa begini? Kenapa begitu?
Kita terlalu byk bertanya kenapa, tp kita tidak memeriksa dahulu apa tujuan dari kejadian itu?
Dulu gw selalu menyalahkan keadaan keluarga gw yg tidak sama dgn org laen, dan gw selalu menyalahkan Tuhan yg ga adil. Tapi klo gw pikir baek-baek sekarang, maka gw bisa bersyukur kenapa Tuhan ijinkan semua masalah itu terjadi. Karena Tuhan ingin membentuk gw menjadi seorang yg bisa bersyukur dan berterima kasih. Mungkin klo gw lahir dgn kondisi serba berkecukupan , maka gw ga bisa melihat bagaimana Tuhan mengangkat gw naik dari kondisi yg sulit dan tidak dipandang orang menjadi seseorang yg bisa diandalkan..
Apa jadi nya kalo semua hal yg kita minta selalu dipenuhi oleh Tuhan? Mungkin akan sangat  banyak org yg tidak mau mencari Tuhan dan merasa diri nya sendiri lebih bisa diandalkan..

Biarkan Tuhan membentuk kita menjadi sosok yg baru dan berbeda dgn anak dunia, yg bisa menjadi terang bagi siapapun.
Dan panggillah Ia masuk kedalam hati kita, biarkan Ia yg menjadi prioritas dalam hidup kita.
Dan kita akan menjadi sosok yg berharga di mata-Nya…

Ini lagu sekolah minggu yg sederhana tp benar-benar sangat bermakna. Biarkan Yesus masuk ke hati kita dan Dia akan membuat hidup kita berharga dan indah..

YESUS Kupanggil
YESUS Kuundang
Masuk dalam hatiku

YESUS Kupanggil
YESUS Kuundang
Masuk dalam hatiku

Memimpin, menuntu setiap langkah hidupku
Sucikan, kuduskan semua dosaku….

Tuhan sedang menunggu kita utk membuka hati kita pada Nya… Tuhan  mengirimkan anak-Nya yang tunggal utk menebus dosa manusia , karena begitu besar nya rasa cinta-Nya pada kita dan Dia ingin kita selalu mengandalkan-Nya dan percaya pada-Nya dengan segenap hati…
Dengan apa kita bisa membalas semua itu???

Selama Tuhan masih ada
Matahari masih bersinar
Aku tidak akan menyerah
Aku akan berkata 
"HAI masalah, aku punya Tuhan yang Besar."
Tuhan yang tidak pernah meninggalkanku
Tuhan yang tau apa yang aku butuhkan
Tuhan yang akan membuat hidupku berharga
Tuhan yang membuat segala sesuatu indah pada waktu Nya..

Thanks God buat semua yang boleh Kau ijinkan terjadi dalam hidupku, karena Engkau yg menuntun dan membentuk aku menjadi pribadi yang kuat dan punya pengharapan yang baru.
Itulah arti kebahagiaan sejati menurut gw... Kebahagiaan ketika kita berjalan bersama Tuhan dalam menghadapi tantangan hidup.. 

“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi dan damai sejahtera di bumi diantara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

2 komentar:

  1. Lord is Great,
    gw ampe terharu baca kesaksiannya ci (hiks hiks)
    setuju banget kebahagian dan sukacita hanya di dalam Dia. God bless

    BalasHapus
  2. Uly : yappp God is good all the time...
    How great is Our GOD :)

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini