Jesus love u as u are

Jesus love u as u are
The thief comes only in order to steal and kill and destroy. Jesus came that they may have and enjoy life, and have it in abundance (to the full, till it overflows).

Kamis, 31 Maret 2011

Menunggu & menunggu

Waiting and waiting... menunggu adalah pekerjaan paling membosankan.. is it?? Tapi banyak yg mendapatkan hasil yg manis dan indah dari hasil menunggu itu.. Coba tanya Ci Lia yang nemu pasangan yg terbaik karena dia mau menunggu rencana Tuhan yg indah , Sinta Xie yg juga sudah menemukan seseorang yg terbaik dan akan segera menikah karena dia mau menunggu penggenapan rencana Tuhan yg indah dalam hidupnya..., Wiliana "sohibku" yang juga sedang menunggu dan akan diberikan jawaban yg terbaik utk semua pergumulannya... Masih banyak lagi yang sedang menunggu dan setia di dalam Tuhan, karena mereka percaya Tuhan akan memberikan jawaban atas mimpi-mimpi mereka meskipun syaratnya adalah Bersabar dan Menunggu...


Klo lg macet tuh paling males dech, apalagi pas mau berangkat ke kantor.. ngeliat jam uda menuju jam 8 itu uda panik , langsung ngebutttttt .... Gw tinggal di kota yg jarang macet, klo ngeliat jalanan macet itu uda ngeluh duluan *padahal cm 10menit doank* ..Gimana klo gw tinggal di jkt ya? hehehe
Jadi intinya "hampir semua org ga suka menunggu" .. benar ga? apalagi org indonesia hahaha klo pergi ke Singapore ngeliat org2 nya berbaris rapi utk menunggu antrian, bahkan utk makan aja tuh mrk rela ngantri. Tapi klo di Indonesia , sapa cepat dia yg dapat ---> males menunggu/antri.. 
Mikir nya napaen gw habisin waktu buat nunggu2 gitu, klo mau buat passport aja nunggu gt lama mending gw pake calo aja deh *ini gw banget* haha..
Klo bagi yg cowo---> males banget harus nunggu cewe nya dandan ampe berjam-jam, padahal cuma mau pegi nonton.. Klo utk pasangan yg long distance, byk kejadian cowo/cewe nya selingkuh tuh alasan nya karna kelamaan nunggu *ada jg versi begitu*
Jadi segala sesuatu yg harus menunggu itu adalah sesuatu hal yg ga disukai oleh tiap orang...Kenapa?
Karena manusia selalu mengharapkan segala sesuatu yg udah pasti, bukan nya sesuatu yg tertunda...

Habakuk 2 : 3 (BSI)
Catatlah itu, sebab sekarang belum waktunya. Tetapi saat itu segera tiba, dan apa yang Kunyatakan kepadamu pasti akan terjadi. Meskipun tampaknya masih lama, tetapi tunggu saja! Saat itu pasti akan datang dan tak akan ditunda.


Tuhan ingin kita menunggu, meskipun hal yg paling kita hindari adalah menunggu. Terkadang kita slalu berpikir "kenapa gw mesti nunggu sesuatu yg ga pasti?". Manusia jaman sekarang selalu mengharapkan segala sesuatu yg instant, bahkan rela melakukan apapun biar cepat mencapai garis finish... Contohnya : menghalalkan segala cara biar usahanya sukses dan laris.. Banyak org yg pergi ke dukun utk minta "pelaris usaha" karena ingin cepat kaya. Gw uda sering denger org2 bilang "ehh coba liat stand situ,, laris banget tuhh pasti pake pelaris tuh.. Hebat ya org laen pada sepi, dia rame sendiri."
Orang sekarang uda nganggap pelaris itu adalah jalan pintas utk cepat kaya dan itu uda ga terlihat aneh lagi , tinggal bayar sekian sekian dan pasti akan cepat kelihatan hasil nya... Padahal sesuatu yg dihasilkan dengan instant dan bukan lewat Tuhan itu adalah dosa yg tidak bisa diampuni karena kita memaksakan sesuatu yg sebenarnya sudah Tuhan sediakan tapi kita tidak mau menunggu.
Dan gw untungnya punya seorang cowo yg slalu ngingatin gw tentang Tuhan, karena dulu tuh gw slalu dengarin tentang hal-hal spiritual seperti itu dan itu uda tidak asing lagi hingga penasaran mau nyobain. Gw ga paham dengan ajaran utk mengandalkan Tuhan karena gw mikir klo kita mau sukses ya kita harus ngandalin kekuatan kita sendiri...
Gak paham dan mengerti itu membuat pemikiran gw jadi sesat, tapi Tuhan baik dan Dia pakai org laen buat mengenalkan Tuhan ke dalam hidup gw, dan bukan hal yg gampang buat cowo gw utk membuat gw jadi manusia yg sadar kalo gw butuh Tuhan dalam hidup gw... Butuh waktu bagi cowo gw buat nunggu dan nunggu .. Baca ini kalo ada yg blom baca dan gw benar-benar disadarkan Tuhan kalo yg namanya menunggu itu slalu membuahkan hasil yg manis...
Coba kalo dulu cowo gw tuh nyerah dan dia ngelepasin gw, mungkin gw uda semakin sesat dengan pemikiran gw sendiri.. Tapi rencana Tuhan itu luar biasa, karena meskipun gw lahir tanpa pengenalan akan Tuhan tapi Tuhan bisa pake org lain utk mengubah hidup gw, mengubah pemikiran gw.. Dan apakah itu tidak butuh waktu??? Mungkin klo tanya kesaksian cowo gw sendiri, dia bakal nyeritain gimana gw yg dulu bebal dan slalu buat dia down klo dia lg nasehatin gw... Segala sesuatunya butuh waktu dan proses, dimana Tuhan selalu bekerja dengan hal-hal yg tidak pernah kita pikirkan...


Gw sering dibilang ama tmn2 "hebat ya masi muda bisa ngambil mobil sendiri."  Gua bukan merasa bangga dgn diri gw sendiri karena gw bisa beli mobil pake duit gw... Tapi gw tau itu Bonus yg Tuhan kasi buat penantian gw dari kecil.. Yaa gw ga pernah ngerasain hidup dgn serba berkecukupan dan bisa kemana mana pake motor apalagi mobil... Sinta Xie kemarin blg suru gw sharing ttg jazz gw hahaha padahal mgkn bagi org laen yg mapan dan pny ortu kaya "itu" bukan hal yg sulit. Tinggal ambil bunga bank aja uda bisa beli mobil ataupun rumah. Tapi ketika kita bisa membeli sesuatu dgn usaha kita sendiri , itu adalah hal yg paling buat kita bangga... Bisa beli baju dari uang gaji pertama aja uda senangnya minta ampun... 


Gw inget dulu pas blm punya kendaraan, gw kemana-mana jalan kaki ama cowo gw.. Tapi klo jauh ya kita pakai taxi donk *cinta mula-mula hahaha*. Dulu ada yg nanya ama gw "kok kemana mana slalu jalan kaki" dan gw ngerti maksud nya tuh kenapa gw ga nyari cowo yg uda punya mobil aja?? Cowo gw tuh pendatang dan baru kerja sekitar 3 bulan pada saat itu, dan gw bisa mkir donk gmn nasib anak kos yg gak tinggal bareng ortu.. Masa gw mesti nuntut dia buat beli motor/mobil saat itu juga, dan gw sech slalu percaya kalo gw ga selamanya bakal jalan kaki.. Asal gw liat mobil jazz *gw naksir berat ama jazz* dan gw slalu bilang "Tuhan , gw percaya suatu saat gw akan beli mobil seperti ini." Teman gw cuma ketawa aja karena ga anggap penting omongan gw.. Gw terus perkatakan tiap kali ngeliat mobil jazz hahahah sampe tmn gw bosen dengerin nya...
Bagi Tuhan tidak ada yg mustahil, karena dlm jangka ga lama setelah gw kerja , gw bisa beli tuh mobil yg gw impikan meskipun kredit 2 tahun... Tapi Tuhan selalu mencukupi biaya yg gw perlukan dan Tuhan yg membuka peluang usaha sampingan buat gw dan keluarga... Apa kunci dari itu semua?"MENUNGGU"
Satu persatu kebutuhan kita akan dijawab oleh Tuhan asal kita beriman dan mau menunggu... Bukan hal yg gampang ketika kita ngeliat org laen dengan gampangnya memperoleh apa yg mereka mau , sedangkan kita harus mendapatkan nya dengan susah payah.. Terkadang begitu uda mau mencapai tujuan, ehhh tiba-tiba ada aja halangan yg dikasi sampe kita berpikir "kenapa Tuhan begitu mempersulitku?"
Padahal Tuhan tuh bkn ingin mempersulit kita tapi Dia mau kita belajar bahwa penantian kita itu bisa membuahkan hasil yg manis kalo kita tetap setia di dalam Tuhan... AMien :)


Tahun lalu gw blg ama Tuhan kalo gw pengen punya rumah kalo gw uda married dan emank cowo gw uda ngambil rumah dg ukuran yg pas utk kami berdua. Tapi gw sempat ngeluh dg lokasi yg lumayan jauh dan daerah sana agak sepi *rumah itu uda disewakan ke org lain*. Kemudian gw blg ama cowo gw, klo kita dikasi rejeki ama Tuhan dan mendadak ada yg mau ngasih rumah murah dan lebih bagus kenapa ga kita ambil aja? Tapi mana mungkin bisa dapet rumah impian dgn gampang ,karena harga rumah naek terus tiap tahun dan gw ga punya budget utk bayar uang muka rumah yg lumayan besar.
Trus  gw mikir-mikir kenapa gw harus nuntut cowo gw utk rumah yg harus begini dan begitu, tapi gw mulai nerima apapun keputusan dia karena ke depan nya klo maried kan dia jg yg jadi Kepala Rumah Tangga dan jg pasti berat banget kalo terus nurutin kemauan gw. Jadi yg kami lakukan hanya terus berusaha dan MENUNGGU hal yg terbaik dari Tuhan.
Bln lalu gw tiba2 ditawarkan rumah di Beverly Green dengan tipe yg lumayan besar utk kami berdua dan lokasi yg oke menurut gw.. Koko gw tepatnya si pemilik rumah dan dia mau suru gw lanjutin KPR nya karena bln April ini mesti KPR dan utk uang muka rumah sekitar 50 juta lebih uda dibayar koko gw . Jadi dia blg ambil dulu aja dan utk pembayaran nya itu bisa dicicil klo kami uda ada duit.. Itu rmh yg gw impikan sejak dulu lohhh *loncat loncat kegirangan* dan gw dapetin itu secara tiba-tiba tanpa gw pkirkan.... Praise The Lord :) Sekarang gw lagi sbk mau ngurus KPR nya dulu dan mesti ngeluarin biaya yg lumayan berat juga, tapi gw yakin pasti gw akan dikasih yg terbaik ama Tuhan. Klo Dia sudah ngasih rumah itu buat gw, pasti gw juga 
dikasi dana utk KPR nya ..Pergumulan yg berat jg ya karena masih ada keperluan laen selain KPR rumah itu . Gw juga pny sohib yg emank lg bergumul jg tentang rumah, dan gw cuma bisa nguatin dia dengan kesaksian gw sendiri kalo Tuhan pasti akan nyediakan apapun kebutuhan kita itu tepat waktunya asalkan kita mau menunggu. Cia yo buat  yg lg bergumul dengan sesuatu penantian yg belum digenapi oleh Tuhan karena suatu mimpi yg sudah taruh dalam hati kita memang akan mengalami penundaan.. 


Dan gw diajarkan Tuhan utk menunggu dan menunggu , bukan hal yg mustahil bagi Tuhan utk  memberikan kita kelimpahan saat ini juga, tapi Tuhan gak mau melakukan hal instant seperti itu.. Mengapa?? Karena Tuhan ingin membangun iman kita melalui penantian dan penundaan..Dlm fase utk membangun iman ini. kemungkinan besar kita akan bertanya tanya "Kapan, Tuhan?" Kapan Engkau akan menjawab doaku?
Tapi Tuhan akan menyuruh kita utk bersabar dan menunggu, bukan dengan memberikan kita sesuatu tanpa rintangan dan hambatan...
Contoh  yg diberikan Tuhan utk kita renungkan, diantaranya adalah :
 1. Musa yg ditugaskan utk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju ke tanah perjanjian. Bangsa Israel harus melewati padang gurun dan dibawa berputar putar selama 40 tahun utk sampai ke tanah perjanjian. Mengapa Tuhan tidak langsung mengarahkan mereka ke tujuan tanpa melewati rintangan dan masalah??? Karena Tuhan ingin menunjukkan kepada bangsa Israel bahwa Tuhan yg mereka sembah itu adalah Allah yang hidup dan dapat meluputkan mereka dari segala rintangan dan mara bahaya..
Butuh waktu yg lama bagi bangsa Israel dan mereka melihat perbuatan ajaib yg Tuhan lakukan : membelah lautan utk mereka sebrangi, memberikan mereka tiang api dan tiang awan sebagai petunjuk, mengubah air yg pahit menjadi manis, memberikan roti manna utk dimakan dan banyak lagi mukjizat yg disediakan Tuhan.


2.Abraham dijanjikan oleh Tuhan akan menjadi bapa segala bangsa yang keturunannya sebanyak bintang di langit, tapi ia tidak begitu saja mendapatkan janji Tuhan itu. Tapi Abraham tetap percaya dan masih menunggu janji Tuhan hingga akhirnya ia mendapatkan janji yg diberikan oleh Tuhan.


3.Yusuf juga mendapatkan mimpi dari Tuhan bahwa ia akan menjadi seorang pemimpin, tetapi ia harus melewati berbagai rintangan  dengan menjadi budak dan sempat dipenjara bertahun tahun hingga Tuhan menggenapi janjiNya pada Yusuf utk menjadi seorang penguasa.


4.Daud yg diurapi oleh Tuhan utk menjadi raja dan ia tidak langsung mendapatkan tahta itu begitu saja. Daud tetap harus menunggu dan ia menghadapi rintangan karena Saul yg terus mengejarnya utk membunuhnya.
Tapi Daud tidak menyerah begitu saja karena ia percaya bahwa firman Tuhan itu adalah benar dan tidak pernah diingkari, karena Tuhan yg dia sembah itu adalah Tuhan yg hidup.
"Tuhan hidup! Terpujilah gunung batuku, dan ditinggikanlah kiranya Allah gunung batu keselamatanku."


Mengapa harus Menunggu??
Hal ini mengajar kita untuk pecaya pada Tuhan dan belajar bahwa waktu-Nya adalah sempurna.
Salah satu fakta yang harus kita pelajari dari Tuhan tidak pernah menghancurkan tujuan Nya. Penundaan bukan lah penyangkalan dan kita harus belajar membedakan antara "TIDAK" dan "BELUM". Seringkali kita berpikir bahwa Tuhan berkata "Tidak" , padahal maksud Tuhan adalah "Belum"
Kadang kita mau ngotot dan minta Tuhan utk segera menjawab doa kita,. Gw punya teman yg sedang bergumul karena ia sedang menunggu anak dari hasil pernikahannya yg sudah 4 tahun. Tmn gw curhad dan blg kalo dia sempat down karena apa saja uda dia lakukan, mulai dari berdoa, melayani Tuhan dan terus percaya kalo Tuhan akan menjawab doa dia. Akan tetapi hasil nya adalah NIHIL karena doa nya sama sekali ga dijawab oleh Tuhan.. Sempat berpkir klo semua doa nya adalah sia-sia dan "TIDAK" dijawab Tuhan. Akhirnya ia menyadari kalo sebenarnya bukan doa nya Tidak dijawab oleh Tuhan, tapi Belum dijawab oleh Tuhan dan dia bilang ke kami kalo dia dan suami "akan tetap setia dan menunggu janji Tuhan yg belum digenapi"... Nahhh inilah yg Tuhan inginkan agar kita menunggu dan tetap percaya meskipun tanda-tanda penggenapan janji itu tidak ada, karena Tuhan ingin mendorong kita utk memiliki iman yg mendalam..
Tuhan merancang hal seperti itu karena Dia tahu kita bertumbuh semakin kuat ketika menghadapi kesulitan dan oposisi, sehingga iman dan karakter kita bisa dibangun.
Ketika kita akhirnya tiba ke tempat dimana kesulitan menjadi begitu buruk, dimana kita telah mencapai batas maksimal kita dengan mencoba segala cara hingga kita merasa kelelahan, maka akan tiba saatnya Allah akan melakukan sebuah karya yg besar dalam hidup kita...
Tuhan ijinkan itu semua terjadi karena Dia mau memakai kita utk menjadi saksi atas perbuatan tanganNya yg ajaib dan luar biasa, dan Dia ingin membentuk kita agar kita menjadi orang yg luar bisa utk melakukan hal-hal yang besar...


Sekarang pertanyaannya adalah Apakah kita mau menunggu janji Tuhan? Menunggu dengan sabar dalam iman adalah proses yang harus kita lalui utk mewujudkan impian dari Tuhan.


1 Petrus 1 : 6-7
"Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya."




6 komentar:

  1. dengan menunggu, karakter kita dibentuk, diproses dan kita blajar TARUH IMAN, percaya bahwa God will give the best for those who put faith in Him. btw, ngmg2 leni plan meridnya taon kpn nih?

    BalasHapus
  2. ci Lia : amien...God is good and awesome :)
    plan nya taun ini tp ga jadi ci.. jadi nya 2012, tp haduh belum siapin apa2

    BalasHapus
  3. Len, thanks ya! Gw jg lagi menunggu n menunggu... dan sampe skrg ga ada kabar.. -.-" sudah mulai kelelahan menunggu..

    BalasHapus
  4. cia yo steph...
    jgn lelah utk menunggu. Mungkin ada rencana Tuhan yg lebi dahsyat utk penantian km itu...
    Biasa nya yg lama2 itu pasti lebi luar biasa hasil nya :) GOD bless

    BalasHapus
  5. hahaha di buku Chosen yang gw bahas kemaren itu ada juga kalimat semacam yg u bilang.
    Sepertinya ada kaitan antara lamanya penantian dengan seberapa besar tugas yang akan diberikan. hohoho semoga Tuhan berikan gw iman seperti lo ketika pengen punya mobil jazz! hahaha

    BalasHapus
  6. hahahha yapp seriously lho,soal na gw jg byk ngelewatin pergumulan dan gw jg lg nunggu dan nunggu,..
    sama2 menunggu kok kita.. tp percaya Tuhan akan memberikan yg terbaik buat kita. :)
    oya iman jazz itu luar biasa, gw beli nya pas gw blum bisa nyetir dgn benar, masih belok2 jalannya..hahahha

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini